120 Pejabat Pemkot Cilegon Diuji Kompetensinya

CILEGON – Pemerintahan Kota Cilegon melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) mengadakan acara pengarahan kegiatan tes kompetensi bagi Pejabat Pengawas/Esselon IV Pemerintah Kota Cilegon yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Sari Suryati di Aula Setda II Kota Cilegon, Rabu (6/9/2017).

Sari dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tes kompetensi jabatan untuk pejabat pengawas atau esselon IV merupakan aktualisasi dari UU No. 5 Tahun 2014.

“UU No. 5 Tahun 2014 menjelaskan hal penerapan agenda reformasi birokrasi, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas aparatur negara dalam melaksanakan pembangunan. Kegiatan tersebut untuk memenuhi rekam jejak kompetensi secara personal dan berkala untuk setiap jenjang jabatan, hasil rekam jejak tersebut dijadikan dasar bagi kegiatan pengembangan kompentesi seluruh aparatur yang berada di Pemerintah Kota Cilegon, yaitu melalui kegiatan pendidikan, pelatihan, seminar, magang dan kegiatan lainnya.” katanya

Lanjut Sari menjelaskan, dengan dilakukannya kegiatan ini kualitas dan profesionalitas pegawai diharapkan dapat meningkat.

”Dengan dilakukannya manajemen pengembangan kompetensi bagi pegawai, maka diharapkan kualitas dan profesionalitas pegawai di Kota Cilegon dapat meningkat secara bertahap, selain dari pada itu, diharapkan dengan melakukan manajemen pengembangan kompentesi ini juga akan menumbuhkan semangat untuk produktif dalam bekerja dan persaingan sehat dalam pengembangan karir pegawai,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Sari mengingatkan, kepada pegawai mengenai pembangunan daerah harus dicapai.

”Ketika kinerja dan profesionalitas pegawai PNS meningkat, sudah tentu target-target pembangunan di daerah pun akan mudah dicapai dan direalisasikan dengan baik. Apalagi saat ini Pemerintah Kota Cilegon sedang berupaya mendorong empat mega proyek untuk dapat rampung tepat waktu dan segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Aparatur BKPP Kota Cilegon, Yunan Nurkholis menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun rekam jejak pegawai.

“Maksud kegiatan ini untuk melakukan pemetaan kompetensi dan melakukan identifikasi gab kompetensi untuk keperluan pengembangan kompetensi. Sedangkan tujuannya untuk membangun rekam jejak kompetensi pegawai terutama pejabat pengawas esselon IV, ’’ ujarnya.

Kegiatan pengarahan kegiatan tes kompetensi ini mengundang 120 peserta pejabat pengawas/Esselon IV Pemerintah Kota Cilegon yang juga dihadiri Kepala Bappeda Kota Cilegon dan Kepala BKPP Kota Cilegon. (*)

Pemkot Cilegon
Comments (0)
Add Comment