Tangki yang Terbakar Ternyata Berisi BBM Solar Sebanyak 355 KL Milik PT MUE

CILEGON – Tangki milik PT Taruna Bina Sarana Kawasan Linc Terminal yang berada di dalam area Pelabuhan PT Pelindo Regional 2 Banten, Kota Cilegon, dinyatakan hangus terbakar setelah dilahap oleh Si Jago Merah sejak pukul 23.15 WIB, Sabtu (1/10/2022).

Adapun material yang ada di dalam tangki terbakar tersebut ternyata adalah BBM jenis solar atau MFD (Marine Fuel Diesel) milik PT MUE (Mitra Utama Energi), dengan jumlah sebanyak 355 KL.

Informasi tersebut disampaikan oleh Humas PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo 2 Banten, Irtanto Armawan melalui siaran persnya.

Dugaan sementara penyebab kebakaran menurut Irtanto, yakni diakibatkan oleh sambaran petir saat terjadi hujan deras, pada Sabtu malam 1 Oktober 2022.

Si Jago Merah berhasil ditaklukkan setelah rombongan pemadam api dari pihak Damkar Pemkot Cilegon, dan juga Damkar PT Pelindo Regional 2 Banten dan ASDP, datang turun ke lokasi kejadian.

Pelindo 2 Banten menurunkan 1 unit mobil pemadam kebakaran dibantu oleh mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkot sebanyak 5 unit, dan Damkar dari PT ASDP Indonesia Ferry sebanyak 1 unit.

“Dan belum ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” kata Irtanto melalui siaran persnya pada Minggu (2/10/2022).

Kebakaran berlangsung cukup lama mulai pukul 23.15 WIB hingga sekitar pukul 03.40 WIB dinihari. Api mulai terpadam dari pukul 02.00 WIB, hingga sepenuhnya padam pada pukul 03.40 WIB.

“Api berhasil kita padamkan sekitar pukul 04.00 WIB,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon, Damanhuri, saat diwawancarai via telepon pada Minggu (2/10/2022).

Terpantau, lalu-lintas di jalan raya Ciwandan-Anyer saat ini sudah berjalan normal kembali. Pihak PLN juga sudah menyalakan aliran listrik secara normal dan seperti biasa.

“Saat ini Area TKP (Tempat Kejadian Perkara) sudah dipolice line dan Tim INAFIS Polres Cilegon sudah melakukan pengecekan di lokasi TKP. Demikian laporan perkembangan sementara dan akan diupdate lebih lanjut,” jelas Irtanto. (*/Hery)

Bantu Korban KebakaranDamkarPelindo 2 BantenTangki BBM Terbakar
Comments (0)
Add Comment