Bacalon Walikota Cilegon Isro Mi’raj Akan Gratiskan Pendidikan Swasta dan Sediakan Bus Antar Jemput Mahasiswa 

CILEGON – Bakal calon walikota Cilegon Isro Mi’raj mewacanakan untuk menggratiskan pendidikan 12 tahun bagi masyarakat Kota Cilegon, hingga tingkat menengah atas termasuk di sekolah swasta dan madrasah.

Komitmen tersebut ditegaskan Isro Mi’raj dalam penyampaian visi misi bakal calon walikota dan wakil walikota di Partai NasDem Provinsi Banten, Rabu (15/5/2024).

“Bagaimana orientasi kita wajib belajar 12 tahun untuk seluruh sekolah tidak melihat negeri atau swasta. Kami punya rencana Rumah Tangga Sasaran yang sekolah di swasta pun akan kami gratiskan,” ujar Isro di hadapan 5 bakal calon walikota dan wakil walikota Cilegon yang hadir di forum tersebut.

“Anak-anak kita yang sekolah di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah akan kita gratiskan. Jadi saya ingin ke depan masyarakat Cilegon sudah selesai (kebutuhannya) dengan dia hanya untuk mencari nafkah makan tapi tidak terbebani dengan biaya untuk sekolah, termasuk LKS, buku paket, semua kita gratiskan,” tegas Isro.

Ketua DPRD Kota Cilegon ini juga menjelaskan mekanisme penganggaran oleh APBD tentang pendidikan gratis di sekolah swasta ini.

“Ya meskipun (MTs dan Madrasah Aliyah) itu kewenangan Kementerian Agama, kita landasannya Undang-undang. Skemanya nanti dananya (dari APBD) dihibahkan melalui Kesra, itu secara payung hukum yang akan dilakukan,” jelas Isro lagi.

Masih tentang pendidikan dan peningkatan kualitas SDM, Isro juga mengaku siap menambah dukungan program bagi beasiswa full sarjana.

“Untuk menambah beasiswa full sarjana, nanti bagi yang kuliah di wilayah Serang, seperti Untirta, di Unsera, Uniba dan lainnya, kami akan sediakan fasilitas kendaraannya, bus antar jemput mahasiswa dari Cilegon menuju Serang,” ungkap politikus Partai Golkar ini.

Yang menarik juga dari pemaparan visi misi Isro Mi’raj di Partai NasDem yakni ketika mengutip salah satu kalimat yang diklaimnya kaidah Ushul Fiqh.

“Saya mengutip kaidah dalam ushul fiqh yakni ‘Melanjutkan tradisi yang baik sambil mencari tradisi yang lebih baik’. Jadi seorang pemimpin itu harus mengesampingkan ego, ketika itu program langsung menyentuh masyarakat dan itu dinikmati oleh masyarakat, ya bisa kita lanjutkan sambil menambahkan dari yang sudah ada,” tandas Isro.

Diketahui, ada 6 orang bakal calon walikota dan wakil walikota Cilegon yang hadir memaparkan visi dan misinya dalam proses penjaringan Pilkada 2024 oleh DPW Partai NasDem Provinsi Banten di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu (15/5/2024).

Keenam orang tersebut yakni Dede Rohana Putra, Isro Mi’raj, Alawi Mahmud, Helldy Agustian, Muhibudin, dan juga Robinsar. (*/Rijal)

Bakal Calon Walikota CilegonGolkarIsro Mi'rajPartai NasdemPenjaringan Bakal Calon WalikotaPilkada 2024
Comments (0)
Add Comment