Belum Difungsikan, TPT Jembatan Cigeblag di JLS Cilegon Malah Jebol

CILEGON – Hujan lebat yang semalaman mengguyur sebagian besar wilayah Kota Cilegon selain menyebabkan terjadinya banjir dibanyak titik, juga diduga jadi penyebab jebolnya salah satu Tembok Penahan Tanah (TPT) Jembatan Cigeblag.

Lokasi jembatan ini berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS) di Link Jangkar Wetan, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Jebolnya TPT yang baru selesai dibangun dalam paket proyek peninggian Jembatan Cigeblag pada akhir tahun 2016 ini, diperkirakan terjadi pada dinihari tadi, Rabu (5/4/2017). Sebagaimana dikatakan Ahmad Surdi, pemilik warung di sekitar jembatan.

“Ambrolnya sekitar jam tigaan (dinihari – red) kang, tadi jam dua belas malam saya lihat air hujan sudah luber melebihi tinggi TPT,” ujar Surdi kepada Fakta Banten.

Ahmad juga menambahkan selain jebolnya TPT jembatan, kabel listrik PLN yang ditanam di samping TPT juga ikut jebol yang disertai suara ledakan.

“Baru sekitar jam 5 an kabel PLN meledak, mungkin kabelnya putus ketarik beton yang jebol itu kang,” jelasnya.

Pembangunan TPT yang termasuk dalam paket proyek Peninggian Jembatan (lajur kanan) Cigeblag senilai Rp 6,1 miliar dari APBD Kota Cilegon tahun 2016 ini, juga diduga mangkrak sehingga jembatan lajur kanan belum dapat difungsikan. (*)

Banjir CiwandanJembatan CigeblagTembok Penahan Tanah (TPT)
Comments (0)
Add Comment