BPBD Cilegon Rilis Dampak dan Kerugian Akibat Jebolnya Tanggul Perumahan BCA

CILEGON – Jebolnya tanggul penahan air dalam pembangunan Perumahan Bukit Cilegon Asri (BCA) yang dilaksanakan oleh PT Bahana di wilayah Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon, yang menyebabkan banjir bandang meluap hingga ke Kelurahan Bulakan dan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Senin (18/2/2019) pagi, sekitar pukul 08.00 WIB.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh pihak Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon, yang dalam rilisnya melalui akun Facebook juga menyebutkan adanya kerugian yang dialami warga serta pencemaran air Kali akibat kejadian tersebut.

Berikut informasi yang dirilis BPBD Cilegon;

Pelapor : Warga 

Kronologi : Air dari penampungan Galian C PT. BAHANA Perumahan BCA (Bukit Cilegon Asri) jebol dan meluap hingga ke Kelurahan Bulakan, dan menyebabkan tanki solar stok BBM alat berat tumpah mencemari sungai.

Alamat Galian C : Link.Curug Masjid RT 07 RW 03 Kelurahan Bagendung Kecamatan Cilegon Provinsi Banten.

Alamat Terdampak : Link. Bulakan RT 07 RW 01 kelurahan Bulakan Kecamatan Cibeber Kota Cilegon Provinsi Banten.

Pihak BPBD yang tampak menurunkan personelnya untuk meninjau langsung ke lokasi, juga menaksir kerugian yang dialami mencapai puluhan juta rupiah.

“Terdampak -+ 80.000 Batu Bata siap bakar terendam. 1 tempat pembakaran Batu Bata ambruk. Pencemaran aliran Air Sungai dari hulu-hilir Sungai. TPT Link Bulakan jebol. Kerugian-+ Rp30.000.000,” terangnya.

Dampak buruk dan kerugian yang dialami Pemukiman warga akibat tanggul jebol Perumahan BCA / Dok

Dari penelusuran langsung faktabanten.co.id, di sepanjang Daerah Aliran Kali (DAK) dari Perumahan BCA, bahkan berdampak bukan di Kelurahan Bulakan saja, tapi berdampak hingga Kelurahan Kalitimbang dengan meluapnya air Kali yang terlihat di Link. Ciberko.

Selain itu, masih di kawasan Kelurahan Bagendung, juga terpantau adanya eksploitasi DAK oleh pengelola tambang pasir yang menurut warga dimiliki oleh Sarnawi, untuk mencuci pasir. Sehingga kolam atau air penampungan dari tambang pasir yang ikut jebol tersebut, diduga menambah volume air dan memperparah dampak banjir bandang hingga ke Bulakan dan Kalitimbang. (*/Ilung)

[socialpoll id=”2521136″]

Banjir BandangKelurahan BagendungKompleks Perumahan Cilegon AsriTanggul Jebol
Comments (0)
Add Comment