Dinas LH Bentuk Forum Bank Sampah Se Kota Cilegon

CILEGON – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Cilegon mengundang komunitas Bank Sampah untuk membentuk wadah Forum Bank Sampah Kota Cilegon.

Kegiatan ini diadakan di Sanggar Wuni Kreasi, Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan, pada Rabu (28/2/2018) pagi.

Dinas LH bermaksud untuk menjembatani antara Forum Bank Sampah sebagai wadah komunitas Bank Sampah.

“Nanti, forum ini yang akan mensosialisasikan ke kampung-kampung yang akan membentuk Bank Sampah,” ungkap Ujang Iing saat ditemui di lokasi.

Ia berharap, dengan adanya forum ini, tumbuh kepedulian masyarakat untuk memilah sampah untuk dimanfaatkan dengan beragam.

“Sekarang ada 18 Bank Sampah. Saya berharap targetnya 1 kelurahan 1, ya sekitar 43 Bank Sampah,” ujarnya.

Ia menambahkan, Dinas LH, tidak bisa sendiri menangani soal sampah. Perlu adanya partisipasi aktif dari masyarakat untuk menangani sampah-sampah rumah tangga.

“Salah satu penyebab terjadinya banjr kemarin di Ciwandan adalah sampah,” tegasnya.

“Pada kesempatan kali ini kami baru mengumpulkan, biar ada satu suara dulu. Dalam waktu dekat akan kami bentuk dan segera di launching, Forum Bank Sampah Kota Cilegon,” tuturnya.

Sementara itu, Sifrudin, dari Bank Sampah Mandiri Cimerak Kelurahan Kebonsari mengaku senang bila adanya forum, semoga bisa ikut membantu mengatasi beberapa kendala yang dialami Bank Sampah.

“Bila ada forum, kita bisa sharing, dan mencari solusi bersama-sama,” katanya.

Pria yang sudah malang melintang menangani sampah selama 5 tahun ini berharap, dengan adanya forum ini, kebijakan pemerintah soal sampah bisa lebih didorong.

“Terutama untuk kebijakan pemerintah soal sampah kita push. Dengan kebijakan ini kami bisa bersinergi baik dengan pemerintah,” imbuhnya. (*/Cholis)

Bank SampahDinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon
Comments (0)
Add Comment