Krakatau Posco Dukung Kampung UMKM Palas

CILEGON – Program Pengembangan Potensi Wilayah Kelurahan Bendungan, berupa Kampung Wisata UMKM di Link Palas kembali mendapat support dukungan dari industri yakni PT Krakatau Posco yang membantu pengecatan rumah para pelaku UMKM di lingkungan tersebut, Rabu (21/11/2018).

Tampak nuansa gotong royong antara industri, pemerintah dan warga pun tercipta saat sekitar 40 karyawan PT Krakatau Posco yang memberikan Coorporate Social Responsibility (CSR) bantuan cat sekaligus melakukan pengecatan langsung ke rumah-rumah pelaku UMKM dibantu Lurah Bendungan dan jajarannya beserta warga yang dikomandoi oleh Ketua RT dan RW setempat.

Sebelumnya, program Kampung Wisata UMKM Palas ini juga mendapat bantuan dari kalangan industri lainnya yakni PT Krakatau Bandar Samudera (KBS). Selain itu, meski baru tahap awal, program Kelurahan Bendungan ini sudah menunjukan wujud keindahaannya dan menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga dalam beberapa pekan terakhir sering dikunjungi oleh kalangan pelajar atau sekolah-sekolah.

“CSR ini sudah kesekian kalinya. Selain pengecatan kita juga ngajar bahasa Inggris, origami di TK, SD. Ini bentuk kontribusi kita kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian kita,” kata salah satu Karyawan Bagian Produksi Krakatau Posco, Dani saat ditemui di sela kegiatan.

Kasie PM Kesos Kelurahan Bendungan, Hj. Euis Susanti mengatakan, pihaknya merasa terbantu karena kedepan pelaku UMKM memiliki ciri atau lebih mudah diidentifikasi oleh pengunjung.

“Dengan adanya bantuan pengecatan untuk rumah pelaku UMKM dari PT. Posco ini akan memiliki ciri dan menjadi sistem edukasi bagi para pengunjung. Dan kedepannya kita akan upayakan menjadi sentra industri,” katanya.

Inisiator program Kampung Wisata UMKM Palas sekaligus Kasie Pemerintahan dan Ketertiban Umum Kelurahan Bendungan, Nurul Hadiyati menjelaskan programnya yang digagasnya tersebut mendapat sambutan dari kalangan industri,

“Pengajuan ke KS Posco sejak September, meski lama karena bukan Ring 1. Namun Posco mengaku tertarik karena program Kampung Wisata UMKM ini karena tergolong baru di Cilegon. Selain bisa memberdayakan ekonomi masyarakat dengan adanya unsur edukasi,” jelasnya.

Meski belum semua rumah pelaku UMKM mendapatkan bantuan pengecatan, ia berharap ini menjadi pelecut bagi yang lainnya untuk terus berkarya dan bagi kalangan industri lainnya untuk bisa berkontribusi memberikan CSR untuk program yang memadukan bidang wisata, edukasi dan ekonomi tersebut.

“Posco baru sanggup memberikan untuk 5 rumah pelaku UMKM. Sebenarnya kita butuhnya untuk puluhan rumah lagi. Akan terus kita upayakan lagi dari kelurahan juga ikut nyumbang. Mudah-mudahan ini menjadi stimulan kedepan bertahap kita bantu. Kita harap karena Kampung Wisata UMKM ini baru tahap 20% diharapkan bagi kalangan industri lainnya untuk bisa ikut berpartisipasi dengan menyalurkan CSR perusahaannya ke program kami ini, juga tentunya dari Pemkot Cilegon,” harapnya.

Sementara itu Lurah Bendungan, Maman Herman mengaku bersyukur dengan adanya kepedulian industri terhadap warga Bendungan ini. Ia berharap bantuan tersebut bisa memotivasi bagi warga lainnya yang belum bekerja untuk menjadi pelaku UMKM. Sehingga bisa menjadi penguat ekonomi kerakyatan bagi warga Kelurahan Bendungan.

“Tak henti-hentinya saya ungkapkan rasa syukur ini, kebahagiaan karena warga kami terus disentuh dan diberikan bantuan. Ini suatu nikmat yang harus disyukuri. Terimakasih kepada media yang membantu mengekspos, sehingga banyak dari sekolah-sekolah datang berkunjung ke tempat kami,” ucapnya.

“Bantuan cat dan tenaga dari Posco ini kami harap setelah kampung kita indah, bersih, segar, cantik selain kita percaya diri, tamu-tamu yang berkunjung ramai, hal ini bisa membantu produk-produk UMKM terjual dan tentunya ekonomi kerakyatan bisa meningkat dengan kuat. Meski tak kita tampik masih ada kelemahan-kelemahan dibidang infrastruktur yang kedepan akan terus kita benahi,” tutupnya. (*/Ilung)

Kampung UMKMKrakatau Posco
Comments (0)
Add Comment