Krakatau Steel Grup Gulirkan Program Bantuan Rp2,2 Miliar Selama Ramadhan 1440 H

CILEGON – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan Grup menggulirkan program CSR dengan tajuk ‘Ramadhan berbagi bersama masyarakat Cilegon dan sekitarnya’ selama Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriyah kali ini.

Rangkaian penyaluran bantuan diawali dengan kegiatan Safari Ramadhan dengan menyerahkan berbagai bantuan hingga secara simbolis penyerahan Zakat Fitrah dari karyawan PT KS kepada BAZNAS Cilegon di Masjid As-Salam Komplek Krakatau Steel, Kamis (23/5/2019).

Didukung oleh Anak-anak Perusahaan, Baitul Maal KS Grup, Serikat Karyawan Krakatau Steel (SKKS) serta Periska, program CSR Krakatau Steel Grup ini dilakukan secara sinergi yang meliputi, santunan anak yatim, takjil on the road, bantuan fasilitas Musholla/Masjid, dan bantuan beras untuk 43 kelurahan. Total keseluruhan bantuan selama Ramadhan ini mencapai senilai Rp2,2 miliar.

Khusus untuk bantuan beras Krakatau Steel dan Grup mengalokasikan beras berkualitas baik sebesar 17,2 ton yang akan dibagikan kepada 43 kelurahan di Cilegon. Masing-masing kelurahan setidaknya menerima 250 kg yang akan disalurkan kepada yang membutuhkan.

Sementara untuk zakat fitrah karyawan terkumpul senilai 477.989.400. Zakat ini dikumpulkan dari potongan pendapatan karyawan yang besaran nilainya telah ditentukan oleh pemerintah. Zakat ini akan disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional dan Baitul Maal KS Grup.

Direktur Utama Krakatau Steel, Silmy Karim mengatakan, Krakatau Steel adalah perusahaan BUMN yang sangat peduli memperhatikan lingkungan sekitar.

“Selamanya Krakatau Steel akan menjadi bagian dari masyarkat Indonesia, khususnya Kota Cilegon. Untuk itu, di bulan penuh rahmat ini kami bersama anak Perusahaan, Baitul Maal KSG, Serikat Karyawan Krakatau Steel, serta Periska berusaha memberikan yang terbaik bagi warga Cilegon, meski saat ini bisnis kami berada dalam kondisi yang kurang baik,” ujar Silmy.

Silmy yang baru tahun pertama memimpin Krakatau Steel ini juga berharap masih bisa hadir dalam buka puasa bersama di tahun-tahun berikutnya. Dirinya juga meminta kepada masyarakat agar tetap terus mendoakan Krakatau Steel Grup agar menjadi maju dan lebih baik lagi kedepan.

“Doa adalah senjatanya orang mukmin, saat ini kami sedang melakukan perbaikan di internal, dan untuk itu kami mohon dukungan Bapak dan Ibu semua terutama dukungan doa yang ikhlas dari seluruh warga Cilegon,” harapnya.

Sementara itu, Asda I Pemkot Cilegon Taufiqurrahman mengapresiasi kiprah sosial perusahaan BUMN tersebut. Dan berharap bisa terus harmonis dengan Pemkot Cilegon.

“Kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada jajaran PT KS yang sudah menyalurkan zakat fitrah dan berbagai bantuan kepada masyarakat Cilegon. Kedepan semoga KS akan semakin maju dan selalu mendapat keberkahan dari Allah,” ucapnya.

Taufiq juga berharap dalam momentum puasa Ramadhan ini dijadikan sebagai media bermuhasabah untuk berbagi kepada saudara kita yang kurang beruntung dan melakukan kepedulian kepada warga di sekitar.

“Jadikan momentum kebersamaan di Ramadhan ini pengikat kesatuan, suasana silatirahmi dan ukhuwah yang hakiki untuk mensukseskan pembangunan berkelanjutan di Kota Cilegon yang maju mandiri sehat dan berwibawa,” harapnya.

Berikut rincian rangkaian kegiatan ‘Ramadhan Berbagi’ Krakatau Steel dan Group, yang dilakukan mulai dari tanggal 17 Mei 2019, yaitu;

1. Safari Ramadhan BUMN Hadir Untuk Negeri; Bantuan Air Bersih di Desa Pekuncen, Manglid, Bojonegara senilai Rp270 juta.

2. Safari Ramadhan BUMN Hadir Untuk Negeri; Bantuan sarana dan santunan anak yatim di Yayasan Al-A’raaf senilai Rp100 juta.

3. Bantuan beras dari KS Group untuk 43 Kelurahan di Cilegon sejumlah 17,2 ton.

4. Bantuan untuk 8 Masjid di Kota Cilegon dalam kegiatan Taraweh Berkunjung bersama Pemkot Cilegon senilai Rp36 juta.

5. Bantuan sosial dan santunan anak yatim oleh SKKS senilai Rp71.500.000.

6. Kegiatan sosial dan santunan Anak Perusahaan sebesar Rp 772.149.000.

7. Pemberian 1000 paket Santunan Anak Yatim oleh Baitul Maal KSG.

8. Pemberian Zakat Fitrah KS Group dan Afiliasi sebesar 477.989.400.

9. Pembagian paket sembako untuk pengemudi ojek dan becak sebanyak 800 paket.

10. Pembagian 800 paket Takjil on The Road di Cilegon dan Jakarta senilai Rp20 juta.

CSR Krakatau SteelKrakatau Steel GrupRamadhan di Kota Cilegon
Comments (0)
Add Comment