Kunjungi Chandra Asri, Walikota Helldy Ajak Peserta Rakorkomwil III APEKSI 2023 Belajar Pengelolaan Sampah

 

CILEGON – Usai melakukan kegiatan jalan sehat dan pemecahan rekor MURI dalam menyajikan menu rabeg sebanyak 2.400 porsi untuk tamu peserta Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorkomwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2023, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian bersama para peserta mengunjungi kawasan industri PT Chandra Asri dan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Cilegon, Banten, Senin (8/5/2023).

Dalam kesempatannya, Helldy mengutarakan bahwa dirinya mengajak para peserta Rakorkomwil III APEKSI 2023 mengunjungi PT Chandra Asri dan TPSA Bagendung, guna menginformasikan dan memperkenalkan pencapaian Chandra Asri dalam mengelola sampah menjadi bahan bermanfaat, seperti mengubah sampah menjadi BBM, pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan campuran aspal, dll.

“Ya, hari ini Alhamdulillah selain melakukan kegiatan jalan sehat dan pencatatan rekor MURI rabeg terbanyak, kita juga mengajak para kepala daerah yang tergabung dalam APEKSI wilayah III untuk mengunjungi Chandra Asri dan TPSA Bagendung. Adapun untuk TPSA Bagendung, Hal ini menjadi kebanggaan bagi kami dan inovasi-inovasi terkait pengelolaan sampah untuk menjadi bahan yang bermanfaat akan terus kami tumbuh kembangkan. Karena inovasi ini tidak menggunakan APBD Kota Cilegon, melainkan kami mendapat bantuan hibah dari PLN hampir 10 Miliar dan rencana kita juga akan mendapat bantuan dari Bank Dunia melalui PUPR Pusat, yaitu kurang lebih 100 -120 miliar dengan kapasitas 200 ton perhari. Insyaallah, tahun 2023 ini kita bangun, tahun 2024 ini jadi dan insyaallah tahun 2025 Kota Cilegon menjadi kota yang defisit sampah,” ujar Helldy.

“Dan terkait kunjungan ke Chandra Asri, kita melihat mengenai aspal plastik yang dipromosikan oleh Chandra Asri kepada para peserta Rakorkomwil III APEKSI 2023, dimana nantinya juga bisa dilakukan kerjasama dengan wilayah-wilayah lain,” tambah Helldy.

Sementara itu, Direktur PT. Chandra Asri, Edi Rivai usai menerima kunjungan para peserta Rakorkomwil III APEKSI 2023 mengatakan, jika Chandra Asri sangat mendukung dan mensuport ekonomi nasional, serta memperkenalkan keterlibatan Chandra Asri dalam pengelolaan sampah.

“Kita berharap dengan kunjungan ini, ada tindak lanjut dari penawaran kami kepada peserta APEKSI untuk kerjasama pengelolaan sampah di kota-kota. Sehingga dapat menghasilkan dan bermanfaat secara ekonomi serta berkelanjutan,” kata Edi Rivai.

Alhamdulillah, tadi Wali Kota Bogor sekaligus ketua APEKSI, pak Bima Arya berbicara dan merencanakan akan mengajak DLH Kota Bogor untuk berkunjung dan memahami pemanfaatan sampah plastik untuk aspal,” pungkas Edi Rivai. (*/Adv)

 

Chandra AsriHelldy AgustianKota CilegonRakorkomwil III
Comments (0)
Add Comment