Lembaga Bahasa Korea PT KP Wujudkan Impian Generasi Muda Cilegon

 

CILEGON –  PTKP Learning Center Krakatau Posco gelar acara pemberian beasiswa dan perayaan penerimaan kerja bagi para siswa Lembaga Bahasa Korea K-Dream, Sabtu, (31/8/2024).

Lembaga Bahasa Korea K-Dream merupakan salah satu proyek Corporate Social Responsibility (CSR) dari “Ayo-semangat” tim relawan internal PTKP.

Program ini dimulai pada September tahun lalu di CLC Ciwandan, Cilegon, dengan tujuan untuk memberikan pendidikan bahasa Korea kepada siswa panti asuhan dan pencari kerja di masyarakat setempat.

Program ini melibatkan ekspatriat Korea dan karyawan penerjemah PTKP sebagai pengajar yang mendidik para siswa agar dapat berkembang menjadi penerjemah bahasa korea yang kompeten.

Saat ini, Lembaga Bahasa Korea K-Dream menyelenggarakan kelas bahasa Korea tingkat pemula dan menengah bagi 18 siswa.

Kelas reguler diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu selama tiga jam, dengan pelajaran bahasa Korea oleh penerjemah dan penutur asli dari ekspatriat. Selain itu, bagi siswa yang mempersiapkan ujian kemampuan bahasa Korea (TOPIK), diberikan tambahan kelas khusus dan latihan melalui telepon oleh ekspatriat setiap hari Senin dan Kamis untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka.

Berkat program ini, pada ujian TOPIK bulan Mei lalu, tiga siswa yang meraih nilai tertinggi berhasil diterima bekerja di PTKP, POSCO Future M, dan Kostec sebagai penerjemah, mewujudkan impian mereka untuk berkarier di bidang ini.

April (18 tahun), salah satu siswa yang pertama kali belajar bahasa Korea di program ‘Dream Kids’ (program belajar bahasa Korea sebelum K-Dream) di Yayasan Maulana Hasanuddin pada September 2022, telah diterima di jurusan Bahasa Korea di Universitas Nasional (UNAS).

April mendapatkan beasiswa penuh selama empat tahun dengan syarat akan bekerja sebagai penerjemah di PTKP setelah lulus.

Dukungan juga datang dari perusahaan mitra Krakatau Posco (FMK) yang memberikan biaya hidup bulanan dan santunan biaya penyesuaian awal, memungkinkan April untuk fokus sepenuhnya pada studinya.

“Berkat PTKP, saya bisa mewujudkan impian saya. Saya akan belajar lebih giat dan setelah lulus, saya ingin bergabung dengan PTKP dan menjadi seseorang yang dapat menginspirasi orang lain,” ungkap April memberikan kesan mendalam kepada para hadirin.

Ana (27 tahun), yang meraih nilai tertinggi dalam ujian TOPIK, telah dipastikan akan bergabung dengan PTKP pada bulan Oktober. Dalam acara perayaan tersebut, orang tua Anna turut hadir untuk berbagi momen bahagia dan mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada PTKP.

Lee Sang-ho, Direktur Produksi PTKP yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah Lembaga Bahasa Korea K-Dream, memberikan apresiasi kepada para karyawan yang telah berkontribusi mengajar bahasa Korea, serta mengucapkan selamat kepada para siswa.

“Kesan mendalam hari ini adalah hasil dari cinta dan dedikasi karyawan Krakatau Posco terhadap Cilegon, dan Indonesia. Kami berharap lebih banyak siswa di sini belajar bahasa Korea dengan penuh semangat, berhasil mendapatkan pekerjaan, dan melanjutkan siklus pembelajaran ini kepada siswa lain,” ujarnya. (*/Red)

Comments (0)
Add Comment