LPM Kelurahan Kotasari Cilegon Bekali Warga Teknik Penyembelihan Hewan Kurban

 

CILEGON – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kotasari, Kecamatan Gerogol bekerjasama dengan DPD Juleha (Juru Sembelih Halal) menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban.

Pelatihan ini yang pertama se – Indonesia yang di lakukan LPMK.

Pelatihan yang digelar di aula Kelurahan Kotasari tersebut turut hadir Ketua DPD Juleha Catur Priya Hudawan, Ketua DPW Juleha Banten Deden Suhendar, Seklur Kota Sari Oji Mujaya, Kasi Pelayanan Kecamatan Gerogol Ela dan puluhan warga se Kelurahan Kotasari, Sabtu, 1 Juni 2024.

Ketua DPW Juleha Banten, Deden Suhendar mengapresiasi gelaran yang di inisiasi oleh LPMK Kotasari.

Menurutnya pelatihan penyembelihan hewan ini pertama Se -Indonesia yang di lakukan LPMK.

“Kami dari DPW dan DPD Juleha salut dengan gelaran ini. Gelaran ini yang pertama Se- Indonesia yang di inisiasi oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kotasari.” ujar Kang Aden sapaan akrab dari Deden Suhendar.

Aden menerangkan, dalam kegiatan ini beberapa teknik penyembelihan hewan diajarkan di antaranya adalah tata cara menyembelih kurban sesuai dengan syariat Islam.

“Kami memberikan pengarahan sekaligus praktik bagaimana menyembelih hewan kurban. Metodenya, etika, dan tata cara menyembelih sesuai dengan syariat Islam,” terang Aden.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kotasari, Ahmad Rouf mengatakan, pelatihan ini digelar untuk menyambut hari raya idul kurban yang akan datang dalam waktu dekat.

“Kegiatan ini kami bekerjasama dengan DPD dan DPW (Juleha) Juru Sembeleh Halal Kota Cilegon dan Banten, dengan harapan warga Kotasari tahu dan paham tata cara penyembelihan hewan yang baik dan sesuai dengan syariat Islam,” katanya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak diantaranya PT Alfaro Indo Teknologi, Jagat Baratama dan Bank BJB Kota Cilegon yang telah mensupport kegiatan ini. Terus terang kegiatan ini non bugeter, ini piur dananya kesemuanya dari para donatur. Harapan saya setelah mereka (warga – Red) di bekali tata cara penyembelihan mereka dapat mengimplementasikannya ilmunya di wilayahnya masing – masing,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, salah satu peserta sekaligus Direktur Utama PT Alfaro Indo Teknologi, Ahmad Royani menyambut baik gelaran ini dan berharap gelaran ini terus di tingkatkan di jenjang berikutnya.

“Alhamdulillah saya dapat ilmu dalam pelatihan ini, saya sangat mendukung apa yang di lakukan LPMK Kotasari. Semoga di tahun berikutnya ada pelatihan – pelatihan seperti ini, pelatihan ini sangat positip,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Kotasari, Oji Mujaya mengapresiasi gelaran ini dan berharap gelaran ini menjadi pilot projek atau menjadi rujukan bagi LPM Kelurahan lain yang ada di Kota Cilegon.

“Gelaran yang diinisiasi oleh LPM ini keren, semoga gelaran ini patut di contoh bagi Kelurahan lain. Edukasinya sangat mengena dan memberikan pencerahan bagi warga khusunya warga Kotasari,” tukasnya. (*/Red)

Comments (0)
Add Comment