Nikmatnya ‘Gonjlengan’ Bayong Sambal Terasi, Menu Klasik Cilegon

CILEGON – Gonjlengan atau makan bareng-bareng di waktu tengah malam pada saat begadang atau sedang ronda Siskamling, yang dulu menjadi tradisi bagi warga Cilegon. Kini mungkin sudah mulai luntur seiring dengan perubahan zaman yang kian modern.

Meski kadang gonjlengan masih ditemui di beberapa komunitas dan lingkungan di kota industri tersebut. Namun, kebanyakan sajian menu yang dimakan bisa terbilang cepat saji atau instan. Sehingga mengurangi unsur kerja sama dan nilai kebersamaan dan kemompakan dalam prosesnya.

Tidak sebagaimana yang dilakukan oleh sekelompok pemuda di Link. Palas, Kulurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, pada Sabtu (8/9/2018) dinihari.

Selain mengadakan gonjlengan yang dilakukan secara gotong royong. Menu yang disajikan pun merupakan menu lauk klasik, yang mungkin sudah jarang ditemui. Yakni Ikan Bayong (Gabus) yang dipadukan dengan Sambal Terasi.

“Lagi pengen makan Ikan Bayong aja ini temen-temen, sudah lama kangen rasanya dan manfaat gizinya. Yang paling enak ya gonjlengan, dimakan bareng-bareng sebatur sambil begadang,” kata Bahrul Ulum, salah satu pemuda Palas, kepada faktabanten.co.id, Sabtu malam.

Sejak sore sebelumnya, para pemuda ini sudah bekerja mencari Ikan Bayong di kubangan, rawa dan sawah yang masih tersisa di Kota Cilegon. Pesatnya pembangunan di Cilegon membuat banyak kubangan air habitat ikan tersebut yang hilang tergusur.

“Ikan ini kita cari bareng-bareng juga tadi sore, emang sekarang mah sudah susah nyarinya. Tapi alhamdulillah masih nemu kubangan di Kavling Blok C. Ini hasilnya lumayan cukup buat gonjlengan ini, Bayongnya kita goreng sama Sambal Terasi. Ya terasinya yang dominan, cabe rawit, cabe merah, garam, tomat, kemiri, belimbing wuluh dan jeruk nipis,” terang pria yang akrab di panggil Kang Balul ini.

Diketahui, Ikan Gabus dikenal memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan air tawar lainnya, bahkan ikan air laut sekalipun.

Hebatnya lagi, Ikan Gabus ini sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia. Albumin diperlukan tubuh manusia, terlebih untuk penyembuhan atau mempercepat pengeringan luka.

So, kawan fakta penasaran bukan dengan lezatnya dan manfaat kandungan Ikan Gabus ini ???

BacakanGonjlengan
Comments (0)
Add Comment