POSCO Bangun Ratusan Rumah Layak Huni dan Toilet Bersih di Cilegon

CILEGON – Sekitar 90 relawan asal Korea dan Indonesia dari PT Krakatau Posco dan Pohang Steel Company (POSCO) yang tergabung di tim Global Village yang dimobilisasi oleh Habitat for Humanity Indonesia membangun rumah layak huni dan terjangkau di empat wilayah Kelurahan di Kota Cilegon.

Empat kelurahan tersebut yakni wilayah Kelurahan Tegalratu, Kubangsari, Samangraya, dan Banjarnegara.

Proyek ini akan berlangsung selama tiga tahun, dari tahun 2018, 2019 dan 2020. Kegiatan pembangunan di Indonesia ini juga menandai perayaan ulang tahun ke-50 POSCO dan delapan tahun PT Krakatau Posco.

Sebanyak 25 rumah baru, 100 rumah yang diperbaiki dan pembangunan 150 toilet di empat kelurahan. Kemudian, tiga sekolah juga akan dibangun dan diperbaiki, bersama dengan pembangunan dua toilet komunal, dua unit fasilitas air bersih untuk sanitasi serta fasilitas pengelolaan sampah.

Selain itu, sekitar 780 orang akan menerima pelatihan tentang air, sanitasi dan kebersihan penghasil pendapatan dan juga pengelolaan sampah dan limbah.

Proyek dengan judul ‘Housing with STEEL (Steel, Training, Education, Empowerment dan Leverage)’ merupakan inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari PT Krakatau Posco untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perumahan yang layak dan akses air, sanitasi, pendidikan dan peluang mata pencarian yang memadai.

 

“Tempat yang layak untuk tinggal dapat membantu keluarga untuk meningkatkan kualitas kesehatan mereka, menabung lebih banyak, serta berinvestasi dalam pendidikan guna memiliki stabilitas keuangan yang lebih baik. Habitat for Humanity Indonesia telah melihat efek positif seperti ini, melalui kemitraan tahunan dengan POSCO, memberdayakan lebih banyak membangun komunitas yang kuat dan stabil,” ungkap Direktur Nasional Ad Interim Habitat For Humanity Indonesia, James Tumbunan, kepada awak media saat jumpa pers di RTH Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, Kamis (30/8/2018).

Sementara itu, Direktur Utama PT Krakatau Posco, Kim Jhi-Yong mengatakan, konsumsi air bersih, tidur di rumah yang nyaman dan mendidik anak-anak untuk tumbuh dengan mimpi dan harapan merupakan hal paling penting bagi kemanusiaan. Program pengembangan secara holistik seperti ini program dan sarana bermanfaat yang dapat memberikan solusi di atas secara bersamaan.

“Banyak Karyawan Krakatau Posco akan berpartisipasi dan menjadi relawan dalam proyek ‘Housing with STEEL’ selama lebih kurang dari satu minggu ini. Krakatau Posco sebagai korporasi skala global akan terus berkontribusi untuk Cilegon dan Indonesia dalam pertumbuhan serta pembangunan yang berkelanjutan,” katanya. (*/Cholis)

Krakatau PoscoRumah Layak HuniToilet Bersih
Comments (1)
Add Comment
  • ORANG INDONESIA TULEN

    PENCITRAAN