Promosikan UMKM, Pemkot Cilegon Buka Bazar di Rakernas Apeksi Makassar

 

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mengikuti agenda pameran atau bazar pada event Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) melalui Indonesia City Expo (ICE) di Kota Makassar.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Rabu hingga Sabtu (12-15/7) itu merupakan bagian dari langkah untuk mempromosikan budaya dan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Cilegon.

Dimana, pada stand pameran ICE itu dipajang berbagai produk makanan dan non makanan karya UMKM binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Cilegon.

“Stand pameran Pemkot Cilegon di ICE Rakernas Apeksi ini akan efektif dibuka hingga Sabtu (15/7). Ini merupakan bagian dari upaya promosi terhadap hasil karya UMKM Kota Cilegon, baik berupa produk makanan maupun non makanan seperti batik, golok, cangkul dan lain-lain,” kata Kepala Disperindag Kota Cilegon Syafrudin, Rabu, 12 Juli 2023.

Dijelaskan Syafrudin, stand pameran pada ICE Rakernas Apeksi itu diisi oleh produk makanan dan non makanan binaan Disperindag dan Dinas Koperasi UMKM Kota Cilegon.

“Alhamdulillah sejak dibuka pagi tadi pengunjungnya cukup ramai. Kami berharap, melalui pameran ini masyarakat luas tidak hanya mengenal Kota Cilegon sebagai kota industri, tapi juga sebagai kota yang memiliki nilai budaya dan produk UMKM yang sangat kompetitif,” jelasnya.

Menurut Syafrudin, kondisi UMKM di Kota Cilegon tumbuh dan berkembang sangat baik. Hal itu terjadi karena dukungan maksimal dari Wali Kota Cilegon Helldy Agustian terhadap para pegiat UMKM.

Pemkot Cilegon terus memfasilitasi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), ketersediaan bahan baku dan pasar.

“Produk yang berkembang cukup baik juga ada di logam dan batik,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk membawa UMKM maju dan berkembang melalui berbagai program yang sudah dilaksanakan Pemkot Cilegon, seperti pinjaman tanpa bunga hingga program pemasaran diberbagai event Nasional dan Internasional.

“Kita berharap UMKM terus bangkit dan berkembang. Kami akan terus berupaya membawa dan memasarkan produk UMKM diberbagai kegiatan seperti ke Paris, PRJ (Pekan Raya Jakarta) dan hari ini (Event ICE Rakernas Apeksi -red) di Makassar. Dalam waktu dekat juga akan ada kerjasama dengan CCM (Cilegon Central Mall) dan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia). Produk UMKM juga akan terus dipromosikan di pasar-pasar terbuka. Ayo kita sama-sama besarkan UMKM di Kota Cilegon,” katanya. (*/Red)

AdvertorialapeksiPemkot CilegonUMKM
Comments (0)
Add Comment