BI Banten Siapkan Uang Tunai Rp3,6 Triliun untuk Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri

SERANG – Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 195 triliun dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri tahun 2023. Penyediaan uang tunai tersebut meningkat 8,22 persen jika dibandingkan Ramadhan tahun 2022.

Di masing-masing daerah, BI juga menyediakan uang tunai untuk kebutuhan selama bulan Ramadhan dan persiapan Idul Fitri 2023. Seperti halnya di Provinsi Banten.

Di Banten sendiri BI berkomitmen menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,6 triliun untuk memenuhi proyeksi kebutuhan uang selama periode Ramadan dan Idulfitri 1444H.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Agus Hartanto mengatakan, angka tersebut mengalami peningkatan 14 persen dibandingkan tahun 2022.

“Mengalami peningkatan sebesar 14 persen (yoy) dibandingkan kebutuhan tahun sebelumnya yaitu Rp3,2 triliun,” sebut Agus dalam keterangannya, pada Senin, (27/3/2023).

Menurutnya, penyediaan kebutuhan uang tersebut telah memperhatikan pencabutan status PPKM oleh Pemerintah, dan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik.

“Serta sejalan dengan peningkatan mobilitas masyarakat pada momen mudik lebaran,” katanya.

Adapun strategi pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas oleh BI pada tahun 2023 ini bertemakan SEmarak Rupiah RAmadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI).

Tujuan pelaksanaan SERAMBI 2023 adalah untuk memastikan kebutuhan uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan dengan pecahan yang sesuai serta kesiapan perbankan dalam layanan kas kepada masyarakat selama periode Ramadan dan Idul fitri 2023.

Demi kelancaran pelaksanaan layanan kas keliling penukaran uang, Bank Indonesia bersinergi dengan Perbankan pada tahun ini menyelenggarakan beberapa kegiatan penukaran uang.

Layanan penukaran uang oleh perbankan terdapat di 199 kantor bank/titik layanan yang tersebar di wilayah Provinsi Banten, mulai tanggal 27 Maret hingga dengan 20 April 2023.

Untuk layanan penukaran oleh Bank Indonesia mulai tanggal 27 Maret hingga dengan 19 April 2023, yakni di Masjid, Alun-alun, Pasar.

Ada juga BI Peduli Mudik. Penukaran uang ini dilakukan di rest area jalan tol di Merak. Kick off dilaksanakan di Alun-Alun Kota Serang bersama dengan 6 Bank (BJB, Mandiri, BNI, BRI, BJB Syariah, BTN) dengan tagline “Fitrah bersama Rupiah”.

Penukaran uang jiga tersedia di jalur penyeberangan (Pelabuhan Merak). Masyarakat yang akan melakukan penukaran uang di Bank Indonesia, dapat melakukan pemesanan penukaran mulai tanggal 27 Maret 2023 melalui PINTAR dengan alur pemesanan penukaran uang sebagai berikut:

• Masyarakat masuk ke aplikasi PINTAR melalui link https://pintar.bi.go.id dan memilih menu penukaran uang Rupiah melalui kas keliling

• Masyarakat memilih lokasi kas keliling yang tersedia, menginput data pribadi, serta mengisi informasi jenis dan jumlah nominal penukaran

• Masyarakat selanjutnya memperoleh bukti pemesanan penukaran dan membawa bukti tersebut saat akan melakukan penukaran.

• Bank Indonesia senantiasa mengajak masyarakat untuk selalu Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. Sesuai dengan tagline Ramadan tahun 2023, “Belanja Bijak”. (*/Faqih)

Bank Indonesia (BI)Bank Indonesia perwakilan BantenBulan RamadhanIdul FitriPenukaran UangRupiah
Comments (0)
Add Comment