BKKBN Banten Gelar ADUJAK Genre 2023, Berikut Para Pemenangnya

 

CILEGON – Perwakilan BKKBN Provinsi Banten dan Forum Generasi Berencana (Genre) Banten kembali menggelar Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas (ADUJAK) Genre 2023.

Dengan mengangkat tema “Terlibat Penuh Makna Menuju Generasi Emas Indonesia 2045 : Berani, Beraksi, Berkolaborasi’, puncak perhelatan ini berlangsung di Hotel Royal Krakatau, Kota Cilegon dan diikuti Duta Genre dari 8 Kabupaten Kota se-Banten, Minggu (29/05/2023).

Setelah melalui rangkaian tahapan dan penjurian yang ketat akhirnya terpilih Duta Genre Putra dan Putri Banten tahun 2023 yaitu Muh. Aji Firdaus (20 tahun) finalis dari Kota Tangerang Selatan dan Cindi Aulia Ladiesta (19 tahun) finalis dari Kota Serang.

Juara dua diraih oleh Jajang finalis dari Kota Serang dan Fatiyah finalis dari Kabupaten Serang, sedangkan Juara tiga diraih oleh Angga Mutawalli finalis dari Kabupaten Serang.

Muh. Aji Firdaus yang terpilih sebagai Duta GenRe Banten 2023 Putra, mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dan tidak menyangka dapat menjadi juara sekaligus menjadi Duta GenRe 2023 Provinsi Banten.

“Nggak nyangka aja ya dan ini Alhamdulillah banget gitu Allah ngasih rezeki yang tidak disangka-sangka sebelumnya. Namun bagi saya setiap orang itu adalah juara, mereka tidak ada yang kalah dan tidak ada yang menang tapi semuanya itu memiliki potensi dan rezeki dari Allah untuk masing-masing orang,” kata Aji saat diwawancarai setelah kegiatan berlangsung.

Selain itu, setelah terpilih menjadi Duta GenRe, Aji yang berkuliah di UIN Jakarta atau UIN Syarif Hidayatullah rencananya akan mengadakan beberapa program yang sesuai dengan visi dan misinya. Salah satunya adalah program untuk menurutnya angka stunting.

“Saya kedepannya ingin mengadakan program kerja saya yaitu Bintara atau Gender Tanggap Berkarya yang mana ini adalah implementasi dari konsep participation yang dimana saya ingin melibatkan remaja dalam menekan angka stunting di kampung-kampung,” jelasnya.

“Saya juga berharap agar remaja di Provinsi Banten ini khususnya, memiliki kesadaran untuk meningkatkan kreativitas mereka dan juga jiwa keterampilan hidup mereka, keterampilan fisik mereka, keterampilan kejuruan mereka. Sehingga remaja di Provinsi Banten ini dapat berkontribusi dalam memberikan manfaat bagi nusa dan bangsa dan saya ingin menjadi role model bagi remaja di Banten itu,” imbuh Aji dengan memberikan pesan kepada seluruh remaja di Indonesia.

Di waktu dan tempat yang sama, Cindi Aulia Ladiesta yang terpilih menjadi Duta GenRe Banten 2023 Putri, juga menyampaikan hal yang sama. Dirinya bangga dan senang karena sudah terpilih menjadi Duta GenRe Provinsi Banten 2023, dan bisa lebih mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalaman lebih luas lagi.

“Yang pasti kesan saya adalah senang sekali karena terpilih menjadi salah satu remaja yang bisa menginspirasi lebih luas melainkan bukan hanya di Provinsi Banten yaitu saya bisa menginspirasi lebih luasnya di luar provinsi Banten itu sendiri,” terang Cindi, seorang remaja yang berkuliah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sama seperti Aji, Cindi juga memiliki program yang akan diadakan olehnya sebagai Duta GenRe Provinsi Banten 2023 yakni mengadakan sebuah webinar nasional yang bisa mempertemukan Duta GenRe se-Indonesia sehingga nantinya mereka bisa saling bertukar wawasan dan pengalaman serta permasalahan di daerah masing-masing.

“Saya akan melakukan kolaborasi bersama Duta GenRe yang bukan hanya di Provinsi Banten. Salah satu programnya adalah Festival Edukasi Virtual yang mana itu akan mengadakan webinar online bersama Duta GenRe di provinsi lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Forum GenRe Indonesia, Noer Alif Baslamin yang turut menghadiri Grand Final Pemilihan Duta GenRe Provinsi Banten Tahun 2023, berpesan kepada Finalis yang terpilih sebagai Duta GenRe Provinsi Banten 2023, agar tetap memberikan kontribusi yang terbaik dan mengadakan program-program positif yang dapat menjadikan remaja Indonesia sebagai generasi emas ke depan.

“Semoga mereka semakin banyak memberikan kontribusi yang baik dan terus membuat sebuah inovasi program. Namun bukan hanya sebagai inovasi yang ceremonial tapi memiliki sebuah manfaat yang baik, dan visi yang baik untuk memberikan kontribusi yang baik terhadap remaja di Provinsi Banten,” ucap Noer Alif selaku Ketua Forum GenRe Indonesia.

Ia menambahkan, kepada Duta GenRe Provinsi Banten yang terpilih, agar tidak puas hanya dengan menjadi Duta GenRe Provinsi Banten, namun harus terus melanjutkan perjuangannya hingga ke tingkat Nasional.

“Yang terpenting adalah lancarkan persiapan mereka agar nanti kedepannya mereka bisa menjadi juara di tingkat nasional dan yang kedua jangan pernah berhenti untuk belajar kemudian yang ketiga adalah agar ciptakan program yang dimana program tersebut selalu berkaitan dengan isu-isu yang sesuai dengan lingkup di daerah mereka masing-masing,” tambah pria yang kerap disapa Alif. (*/Hery)

Comments (0)
Add Comment