Gelar Tasyakuran HUT Ke 5, Fakta Banten Komitmen Wujudkan Independensi dan Profesionalisme

 

CILEGON – Media Online Fakta Banten menggelar tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 dengan harapan menjadi jembatan bagi menyalurkan informasi yang mendidik untuk masyarakat.

Perjalanan lima tahun tentunya membutuhkan menjadi pelajaran penting bagi Fakta Banten untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki oleh wartawan.

Terlebih Fakta Banten sebagai salah satu media online terbesar di Banten, di akhir tahun 2021 tepatnya bulan Desember telah diakui Dewan Pers secara administrasi dan faktual.

“Ke depan Fakta Banten dengan slogan beretika, peduli sesama dan menjadi profesional, mudah-mudahan hal tersebut terwujud, dan tentunya perlu masukan dari pemerintah, swasta dan masyarakat pada umumnya,” kata Komisaris Fakta Banten, Hidayatullah saat memberikan sambutan, Minggu, (6/2/2022).

Kang Day sapaan akrabnya juga berharap, ke depan Fakta Banten dapat menyajikan pemberitaan yang berimbang dan mencerdaskan pembacanya.

“Fakta Banten harus bisa meningkatkan kualitas terutama etika agar selaras dengan mencerdaskan kehidupan bangsa, dan kualitasnya harus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang sedang berlangsung pada saat ini,” katanya.

Pempinan Redaksi Fakta Banten, Ahmad Fauzi Chan, turut membeberkan perjalanan yang sudah dibangun lima tahun lamanya dengan tantangan perubahan zaman yang saat ini sedang dihadapi.

“Di era teknologi ini kita dilema, bukan hanya kami wartawan yang meupdate informasi, tapi masyarakat juga bisa menyajikan informasi lebih cepat, diera keterbukaan informasi ini sebetulnya kita semua itu wartawan,” ujarnya.

Untuk menanggapi hal itu, Sekretaris SMSI Provinsi Banten ini menegaskan wartawan dan perusahaan media harus betul-betul memiliki potensi dan standard yang sudah ditentukan.

“Postingan Netizen dengan wartawan itu jelas berbeda, kalau wartawan harus ada standard khusus agar beritanya memuat fakta dan informasi yang akurat, karena akan dikonsumsi oleh publik,” katanya.

Kang Ichan sapaan akrabnya, turut menjelaskan ke depan bisa jadi media online tidak lagi dibutuhkan maka perlu memenuhi standard agar tetap eksis.

“Berkat dukungan Pemkot dan mitra di Fakta Banten, media kami mudah-mudahan bisa selalu dibutuhkan dari sisi lain yang berbeda dan menarik,” harapnya.

Di tempat yang sama, Walikota Cilegon, Helldy Agustian berharap ke depan media harus memberitakan sesuai fakta yang aktual di lapangan.

“Kami berharap kepada wartawan agar kita bangun daerah bersama, masukan dan kritik tidak masalah, kalau gak ada kesalahan jangan di ada adain, itu namanya mencari kesalahan, jika itu benar kita harus punya idealisme, kebenaran itu harus ditegakkan,” pungkasnya. (*/Ihsan)

Comments (0)
Add Comment