Jelang Akhir Masa Jabatan, GMNI Demo Pj Gubernur Banten

SERANG – DPC GMNI Serang menggelar aksi demonstrasi di halaman Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, pada Selasa, (9/5/2023). Ada 7 tuntutan yang disampaikan GMNI Serang kepada Pj Gubernur Banten, Al Muktabar.

Ketua DPC GMNI Serang, Latif mengungkapkan, hampir satu tahun Al Muktabar menjabat Pj Gubernur Banten masih banyak capaian yang belum terealisasikan hingga saat ini. Padahal kata dia, tinggal dua hari lagi jabatannya berakhir.

“Sejak di tetapkannya Al Muktabar sebagai Pj Gubernur aprovinsi Banten pada 12 mei 2022 hingga saat ini belum adanya capaian yang signifikan bagi masyarakat Banten,” ungkapnya.

Menurutnya, jumlah anak putus sekolah di Provinsi Banten masih sangat tinggi, yakni lebih dari menyentuh angka 312.000 anak.

“Sepanjutnya, ketimpangan yang terjadi pada kualitas infrastruktur pendidikan yang berakibatkan pada proses PPDB yang sewerawut dan kurang adanya perhatian terhadap tenaga pendidik,” terangnya.

Di sektor ekonomi lanjut dia, kenaikan angka kemiskinan sepanjang satu tahun menjabat Pj Gubernur Banten belum mampu terurai.

“Tingkat inflasi ketiga se-nasional dan diperburuk dengan kondisi pengangguran Provinsi Banten yang bertengger diposisi pertama secara nasional,” katanya.

Terlebih kata dia, BPS mencatat, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Banten sebanyak 486,35 ribu orang atau 7,97 persen.

Selain itu, penanganan prevelensi stunting yang ada di Provinsi Banten juga dinilai belum maksimal.

“Kami memandang bahwa Pemprov Banten di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Banten tidak dapat menjalankan harmonisasi dan sinergi antar stackholder dalam penanganan kasus tesebut,” jelasnya.

“Dapat dilihat penurunan stunting di Provinsi Banten masih jauh dari apa yang diharapkan oleh rakyat Banten, setidaknya ada 183,833 keluarga beresiko Stunting yang ada di Provinsi Banten yang memang tidak mendapatkan perhatian lebih dari Pemprov Banten,” sambungnya.

Untuk itu, DPC GMNI Serang memberikan raport merah terhadap Pj Gubernur Provinsi Banten dengan meminta merealisasikan 7 tuntutannya.

Berikut 7 tuntutan GMNI Cabang Serang dalam aksinya.

1. Percepat penanganan sebagai langkah penurunan dan penyelesaian agenda Zero Stunting.

2. Wujudkan reforma agraria di Banten serta laksanakan Sejati dan Perkuat regulasi untuk mencapai swasembada pangan daerah.

3. Segera tuntaskan problematika kemiskinan dan pengangguran di Banten.

4. Wujudkan fasilitas pendidikan yang berkualitas tanpa syarat

5. Laksanakan pelayanan kesehatan tanpa syarat.

6. Tolak politik upah murah

7. Ciptakan reformasi birokrasi yang baik dan bersih untuk melayani rakyat. (*/Faqih)

Aksi demonstrasiAl MuktabarGMNI Cabang SerangPj Gubernur Banten
Comments (0)
Add Comment