Kepala BPS Banten Sebut Sensus Pertanian 2023 Bisa Jadi Ajang Curhat Petani

TANGERANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten siap menjalankan amanah dan tugas Sensus Pertanian (ST) pada Tahun 2023 mendatang. Dimana hasilnya nanti diharapkan bisa menjawab isu pertanian dan tantangan seputar pangan.

Sensus yang dilakukan 10 tahun sekali ini nantinya akan menghasilkan data struktur pertanian dan petani gurem, data terkait indikator SDGs pertanian, small scale producer (petani skala kecil sesuai standar FAO), geospasial statistik pertanian, dan manajemen pertanian (kelembagaan, adopsi teknologi informasi dan komunikasi, dan lain-lain).

Kepala BPS Provinsi Banten, Dody Herlando menyatakan selain bertujuan menyajikan data, Sensus Pertanian 2023 juga menjadi sarana pendekatan pemerintah untuk mendengar aspirasi petani.

“Petani bisa gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Momen ini juga untuk curhat kepada pemerintah,” ujar Kepala BPS Banten saat berbincang santai dengan wartawan, Minggu (18/12/2022).

Kepala BPS Banten Dody Herlando berharap masyarakat pertanian mendukung Sensus Pertanian 2023 ini dengan memberikan informasi atau data secara jujur.

Pasalnya, keakuratan data Sensus Pertanian 2023 memiliki peran penting sebagai bahan acuan pemerintah untuk merumuskan kebijakan-kebijakan di sektor pertanian dan ketahanan pangan yang tepat sasaran.

“Kalau bagi pemerintah, data (ST 2023) ini akan menggambarkan apakah program yang lalu masih relevan, atau dibutuhkan program yang baru untuk menjawab isu-isu pertanian dan seputar pola konsumsi masyarakat yang muncul dari hasil ST 2023 nanti,” ujar Dody.

ST 2023 yang akan menghasilkan geospasial statistik pertanian, Dody menilai bahwa hal itu bisa membuka peluang kerjasama antar daerah.

“Nanti kan bisa terlihat keterbandingan wilayah dalam hal produksi pertanian dan tanaman pangan. Misalnya Lampung, Jawa Barat majunya (produksi pertanian) dimana, di Provinsi Banten majunya dimana dan dalam produksi apa, nah dari data ini bagaimana membangun kerjasama,” imbuhnya. (*/Ipul)

Badan Pusat Statistik (BPS) BantenBPS BantenPanganPertanianSensus Pertanian 2023
Comments (0)
Add Comment