SERANG – PT PLN (Persero) UID Banten siagakan 1.239 petugas yang akan berjaga selama 24 jam di 62 posko untuk menjaga pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H tetap aman.
General Manager PLN UID Banten, Sandika Aflianto menyampaikan, jika pihaknya akan bersiaga menjaga pasokan listrik bagi masyarakat Provinsi Banten agar memberikan kekhusyukan dan kenyakanan dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan 1442.
“Untuk menjaga pasokan energu listrik, kami telah mengerahkan tim siaga berupa 1.239 personil, 62 posko, 22 genset mobile, 22 unit gardu bergerak (UGB), 9 unit trafo bergerak (UTB), 13 unit kabel bergerak (UKB), 8 uninterruptible power supply (UPS), 2 unit mobip assesment dan 5 unit perahu karet. Dan itu semua tersebar di seluruh daerah layanan PLN UID Banten,” ucap Sandika kepada awak media, Senin (12/4/2021).
Menurutnya, PLN UID Banten dipastikan memiliki cadangan daya hingga Hari Raya Idul Fitri 2021 mendatang. Pasalnya, diakui Sandika, jika pihaknya memiliki daya mampu sebesar 7.930 megawatt (MW) dari kebutuhan beban puncak masyarakat yang berkisar di angka 3.567 megawatt (MW).
Bahkan, diungkapkan, jika pihaknya optimis kondisi kelistrikan di Provinsi Banten bisa tetap terjaga sampai Hari Raya Idul Fitri 1442 mendatang. Hal itu dikarenakan adanya penguatan personel, ketersediaan peralatan dan material serta kehandalan sistem kelistrikan yang sudah mendukung dibanding sebelumnya.
“Saat ini kondisi pasokan di wilayah kerja PLN UID Banten masih dalam kondisi cukup. Namun kita akan tetap bersiaga dan berupaya menjaga kondisi kelistrikan selama ramadhan agar tetap aman sampai lebaran,” ungkapnya.
Untuk itu, ia pun meminta kepada seluruh pelanggan PLN di Provinsi Banten untuk displin dan taat dalam membayar tagihan rekening listrik tepat waktu. Hal itu guna menghindari pemutusan aliran listrik di kediamannya masing-masing.
“Demi kenyamanan kita bersama, pembayaran tagihan rekening listrik bisa dilakukan sebelum batas akhir pembayaran di setiap tanggal 20 setiap bulannya. Apalagi saat ini sangan mudah, bisa di mana saja, bisa melalui aplikasi PLN Mobile, ATM, E-Commerce, Mobile Banking serta PPOB tersebar,” kata Sandika.
Selain itu, Sandika pun mempersilahkan masyarakat untuk melapor melalui Contact Center 123 atau tekan kode area +123 bagi pengguna HP apabila mengalami gangguan listrik di lingkungan sekitarnya. Termasuk dengan cara lebih mudah melalui aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play maupun App Store yang tersedia di HP. (*/YS)