Pemprov Banten Kembali Adakan Mudik Gratis, Catat Waktu dan Cara Mendaftarnya

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten kembali mengadakan program mudik gratis pada Idul Fitri tahun 2024. Program ini diperuntukkan bagi warga Banten yang ingin pulang ke kampung halamannya.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 Maret hingga 22 Maret 2024. Verifikasi calon peserta mudik gratis dilakukan pada tanggal 23-24 Maret 2024. Sedangkan, tanggal pemberangkatan peserta mudik gratis dilaksanakan 6 April 2024 atau tentatif sesuai kebijakan libur bersama.

“Titik kumpul pemberangkatan mudik gratis ke luar Provinsi Banten di halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B, Kota Serang,” kata Kepala Dishub Provinsi Banten Tri Nurtopo mengatakan, Selasa, (27/2/2024).

Ia menyebut, ada 9 kota tujuan mudik gratis dari Provinsi Banten ke luar Provinsi Banten, di antaranya Kota Palembang, Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Banyumas (Purwokerto), Kota Brebes, dan Kota Semarang dengan masing-masing kuota 90 orang. Kemudian ada juga Kota Surakarta (Solo) dan Kota Yogyakarta dengan masing-masing kuota 180 orang.

Dalam program tersebut, pemudik juga mendapatkan kaos serta makan saat buka puasa. Dikatakannya, bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini dapat langsung mendaftar saat pendaftaran dibuka.

Ada syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti program tersebut yakni Kartu Keluarga dan e-KTP berdomisili di Provinsi Banten; satu orang pendaftar mudik hanya boleh mendaftar satu kali; mengisi form data peserta mudik dan mengupload dokumen e-KTP, Kartu Keluarga, dan swafoto/foto selfie pendaftar pada aplikasi yang disediakan; serta pemudik wajib hadir paling lambat satu jam sebelum keberangkatan.

Pendaftaran mudik sendiri dilakukan secara online melalui link jawaramudik.bantenprov.go.id. (*/Faqih)

Lebaran 2024Mudik 2024Mudik GratisPemprov Banten
Comments (0)
Add Comment