Pemprov Banten Raih Anugerah Merdeka Belajar 2023

YOGYAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meraih Anugerah Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia tahun 2023.

Penghargaan diserahkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim kepada Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Virgojanti mewakili Pj Gubernur Banten, pada Malam Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 di Gedung Seni Trimurti Taman Rama Shinta Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Senin, (29/5/2023) malam.

Anugerah Merdeka Belajar diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah berkontribusi dalam Gerakan Merdeka Belajar sehingga berhasil meningkatkan mutu pendidikan di daerah masing-masing.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar menerima Anugerah Merdeka Belajar sebagai Provinsi Inspiratif Transformasi Pembelajaran, yaitu Pemerintah Provinsi yang berhasil meningkatkan kemampuan literasi, numerasi satuan pendidikan di daerah dengan menerapkan aksi nyata dalam asesmen nasional program sekolah penggerak, perencanaan berbasis data, serta implementasi kurikulum merdeka di daerah masing-masing.

Usai mewakili Pj Gubernur Banten Al Muktabar menerima penghargaan, Virgojanti mengatakan, anugerah tersebut menjadi motivasi bagi Provinsi Banten untuk lebih giat lagi melaksanakan pembangunan, terutama pembangunan pendidikan. Atas anugerah tersebut juga, Virgojanti mengajak seluruh komponen atau seluruh stakeholder pendidikan bersatu padu memajukan pendidikan di Provinsi Banten.

“Bersatu padu mengimplementasikan kebijakan nasional yaitu program Merdeka Belajar,” katanya.

Menurut Virgojanti, Pemprov Banten segera melaksanakan secara nyata program Merdeka Belajar, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan untuk mencapai generasi emas atau generasi unggul pada masa yang akan datang.

Virgojanti menjelaskan, saat ini sudah banyak yang telah dilakukan Pemprov Banten untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya kata dia, sesuai kewenangannya dalam bidang pendidikan menengah, yaitu menyediakan layanan sarana prasarana. Selain itu, yang lebih utama adalah penyediaan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas SDM pendidikan.

“Selain menyediakan layanan sarana prasarana, Pemprov Banten sudah melaksanakan peningkatan SDM pendidikan, baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan,” terangnya. (*/Faqih)

anugerah merdeka belajarPemprov BantenPj Gubernur BantenPlh sekda bantenVirgojanti
Comments (0)
Add Comment