Pimpin Upacara HBA ke-63, Kajati Banten: Pengingat untuk Terus Berbenah Diri

SERANG – Upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 digelar di Lapangan Kantor Kejati Banten, Kota Serang, pada Sabtu, (22/7/2023). Upacara ini bertemakan “Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional”.

Upacara diikuti oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Banten Didik Farkhan Alisyahdi, Wakil Kepala Kejati Banten Rina Verawati, para
Asisten, Kepala Kejari Serang, para Koordinator dan Kabag TU Kejati Banten, para Jaksa Fungsional.

Selain itu turut dihadiri Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Banten Ny. Ery Didik Farkhan Alisyadi, Para Ketua Bidang Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Banten, seluruh Pegawai di Kejati Banten, Kejari Serang dan Cilegon.

Dalam kesempatan tersebut Kajati Banten Didik Farkhan Alisyahdi memimpin upacara sekaligus menyampaikan sambutan Jaksa Agung Republik Indonesia.

Menurutnya, HBA ke-63 merupakan momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua pelaksanaan tugas dan fungsi dalam kurun waktu satu tahun terakhir, serta merumuskan strategi untuk kita laksanakan ke depan demi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

“Untuk itu mari kita jadikan momen ini sebagai pengingat untuk terus berbenah diri, merapatkan barisan, memperkuat jiwa korsa, dan terus memupuk semangat dalam bekerja dan berkarya dalam mempersiapkan diri menyongsong tantangan dan hambatan yang akan menghadang di hari esok,” katanya

Kajati Banten menyebut, tema yang diusung momen HBA 2023 ini sejalan dan berkesinambungan dengan tema HBA tahun
sebelumnya, di mana penegakan hukum memegang peranan yang krusial dalam semua lini kehidupan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam mewujudkan ide-ide keadilan, kepastian, dan kemanfaatan hukum untuk menjadi kenyataan.

Ia menuturkan, di samping melaksanakan penegakan hukum yang tegas, dimana hukum dibentuk dan diterapkan untuk melayani manusia, sehingga hukum harus dilaksanakan dengan memanusiakan manusia.

“Penegakan hukum humanis idealnya dilakukan dengan memperhatikan keadaan sekitar serta memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara profesional dan proporsional,” jelasnya.

Pada akhir sambutan, Jaksa Agung Republik
Indonesia menyampaikan 7 perintah harian untuk diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh, sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh jajaran Keluarga Besar Adhyaksa di manapun berada.

Berikut 7 perintah harian yang disampaikan Jaksa Agung lewat Kajati Banten:

1. Aktualisasikan Pola Hidup yang Merefleksikan Nilai Tri Krama Adhyaksa Baik dalam Pelaksanaan Tugas Maupun Bersosialisasi di Tengah Masyarakat.

2. Tingkatkan Kepekaan Sosial Berinteraksi dan Berkomunikasi dengan Masyarakat dalam Setiap Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Serta Kehidupan Bermasyarakat.

3. Wujudkan Kesatuan Pola Analisis Yuridis yang Terstruktur Dan Terukur dalam Setiap Penyelesaian Penanganan Perkara.

4. Laksanakan Penegakan Hukum dan Penyelesaian Perkara Secara Prosedural dan Tuntas.

5. Perkuat Kemampuan Manajerial dan Administratif Sebagai Sarana Pendukung Pelaksanaan Tugas Pokok Dan Fungsi Kejaksaan.

6. Optimalkan Sinergi Antar Bidang Guna Mewujudkan Keberhasilan Capaian Kerja Institusi.

7. Jaga Netralitas Personel dalam Menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024. (*/Faqih)

hari bhakti adhyaksaHBA ke-63Jaksa AgungKejagungKejati Banten
Comments (0)
Add Comment