Pj Gubernur Banten Merasa Pelik dengan Data Kursi Kosong di SMA Negeri

SERANG – Pj Gubernur Banten Al Muktabar merasa pelik atau aneh dengan data banyaknya kursi kosong di SMA Negeri pasca Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 ditutup. Menurutnya data jumlah kursi kosong yang disampaikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten itu terlalu banyak.

“Kursi kosong itu di mana, di SMA berapa, kalau saya keliling-keliling rasanya gak ada ribuan,” kata Al Muktabar saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat, (12/7/2024).

Berdasarkan temuannya, kursi kosong di SMA Negeri itu tidak mencapai ribuan. Ia mengaku akan segera merinci data pastinya.

“Saya keliling tadi ke sekolah engga juga, nah ini yang ribuan data apa gitu loh, saya cek juga ini, karena itu by name by address (sesuai nama dan alamatnya) bisa tau,” tambahnya.

Meski begitu, Al juga tak membantah jika masih ada kursi-kursi yang tak terisi di SMA Negeri. Dirinya mengaku akan mengisi kursi-kursi itu dengan memprioritaskan masyarakat yang tidak mampu.

“Kebijakan kita yang kosong kita ingin utamakan afirmasi yang tidak mampu. Prinsipnya bagi ruang kosong atau kursi kosong kita peruntukkan sebesar-besarnya kepada saudara-saudara kita yang tidak mampu, tapi kita cek on the spot ke tempatnya,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tabrani mencatat, ada sebanyak 6.515 kursi di SMA Negeri yang tidak terisi usai pendaftaran PPDB Banten 2024 berakhir. Hal itu kata dia, bukan tanpa sebab. Melainkan karena banyaknya sekolah yang belum diminati masyarakat.

“Kursi kosong bukan karena tertolak tapi lebih kepada sekolah yang kurang minat pendaftarnya,” kata Tabrani kepada wartawan, di Serang, pada Kamis, (11/7/2024) kemarin.

Tabrani merinci, di Kabupaten Lebak saja ada sebanyak 2.192 kursi yang belum terisi, demikian juga di Pandeglang ada 969 kursi, dan Kabupaten Serang 1.258 kursi kosong.

“Kursi kosong ini kurangnya minat masyarakat, ada yang diterima tapi tidak daftar ulang,” katanya.

Namun kata dia, banyaknya kursi kosong di SMA Negeri ini bukan berarti jumlah pendaftar PPDB Banten sedikit, melainkan masih banyaknya sekolah yang belum diminati masyarakat.

Sebab, kata dia, jika dilihat dari jumlah pendaftar SMA/SMK Negeri di Banten itu ada sebanyak 171.543 orang. Total tersebut terdiri dari 112.797 pendaftar ke SMA Negeri, dan 58.746 ke SMK Negeri. (*/Faqih)

Al MuktabarDindikbud BantenPemprov BantenPj Gubernur BantenPPDB 2024SMA/SMK
Comments (0)
Add Comment