Popularitas Andra Soni Melesat Tajam

SERANG – Lembaga Riset dan Stratejik Gawekuta Institute mengungkapkan, populaitas bakal calon Gubernur  Banten, Andra Soni meningkat tajam dalam sebulan terakhir. Meningkatnya popularitas Ketua DPD Partai Gerindra Banten ini usai adanya kegiatan deklarasi Koalisi Banten Maju (KBM) yang mengusung Andra Soni-Dimyati Natakasumah.

Hal tersebut terungkap dalam hasil analisis media sosial dan media online pada periode 1 Juli hingga Agustus 2024 yang dirilis oleh Gawekuta Institute. Berdasarkan hasil monitoring dari 5 platform media sosial yakni Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter (X) dan Google News, Andra menduduki peringkat kedua dengan jumlah 4.163 mention, mengungguli Rano Karno (1.974) dan Arif Wismansyah (3.007). Sementara Airin Rachmi Diani (6.431).

Bahroji, Senior Direktur Gawekuta Institute menjelaskan, pihaknya telah memonitor pemberitaan dan interaksi perbincangan di media sosial para bakal calon Gubernur dengan menggunakan aplikasi yang dimiliknya secara resmi.

Berdasarkan monitoring dan analisis timnya dalam sebulan ini, total interaksi Andra Soni di Media Sosial mencapai 5280 yang terdistribusi pada platform facebook 360 interaksi, Twitter 218 interaksi, Tiktok 576 interaksi dan paling tinggi adalah interaksi di  Instagram yang mencapai 4126.

“Dengan keyword yang kami pake Andra Soni, Ketua DPRD Banten dan calon Gubernur Banten,” ungkap alumni Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia ini.

Diungkapkan oleh Bahroji sebaran pemberitaan Andra Soni juga cukup tinggi di media online yang terverifikasi di Google News yakni mencapai 1426 portal berita, baik lokal maupun nasional.

“Dari jumlah tersebut, memiliki tone positif yang sangat tinggi,” kata bekas wartawan MetroTv ini.

Sementara Komunikasi Digital D UIN Syarif Hidayatullah, Rulli Nasrullahmenyatakan bahwa sentimen di media sosial merupakan realitas digital yang tidak bisa diabaikan.

“Banyak data bahwa pemilih pemula berada di angka 20 persen. Nah, mereka itu pengakses terbesar media sosial,” kata Senior Konsultan Digital Branding ini.

Para pemilih pemula ini, lanjut Rulli, memiliki karakter unik terhadap politik di media sosial. Salah satu karakter tersebut adalah fokus pada diri mereka sendiri.

“Jadi siapapun yang ingin merebut suara pemilih pemula harus pandai-pandai membuat konten yang bisa menarik minat generasi muda tersebut,” katanya.

Diketahui sebelumnya, selain popularitas, berdasarkan survei terbaru yang dilakukan Jaringan Nurani Rakyat, elektabikitas Andra Soni semakin melejit seiring dampak pergerakan masif yang dilakukan mesin parpol pengusung.

Selain itu, safari politik yang dilakukan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah di berbagi pelosok Banten, juga dianggap sangat efektif hingga mendorong tingkat keterpilihan pasangan ini untuk memenangkan Pilgub Banten 2024. (*/Faqih)

 

Andra SoniBacagub bantenElektabilitasPilgub Banten 2024populatitas
Comments (0)
Add Comment