PWI Banten Ajak Warga Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada 2024

 

SERANG – Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Banten mengajak warga untuk menjaga kondusifitas jelang perhelatan pemilihan kepala daerah(Pilkada) tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Ajakan dari PWI Banten itu bukanlah tanpa alasan yang jelas, karena saat ini tahapan Pilkada sedang berjalan dan memasuki tahapan kampanye, sehingga pada tahapan inilah rentan terjadi hal hal yang tidak diinginkan, karena adanya kampanye yang kurang sehat dan cenderung menjadi pemantik terjadi gesekan antar pendukung.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Banten, Rian Nopandra mengatakan kewajiban organisasinya untuk menjaga kondusifitas di daerah jelang Pilkada.

Karena salah satu fungsi wartawan yang tergabung dalam PWI adalah menjaga Kebhinekaan, lantaran sesuai yang dijelaskan dalam pasal 6 undang undang nomor 40 tahun 1999 salah satunya berbunyi menegakan nilai nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan HAM.

“Kami mengajak warga untuk menjaga kondusifitas di Banten menjelang Pilkada nanti. Kami berkewajiban untuk ikut bersama sama dalam menciptakan situasi yang aman, damai serta Pilkada berjalan dengan aman dan demokratis,” kata Rian, kepada wartawan, Minggu(19/10/2024).

Selain pesan moral kepada warga, PWI Banten juga mengajak agar insan pers bersikap adil kepada semua pasangan calon.

Karena pers memiliki tugas memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui semua kontestan Pilkada Banten, sehingga tidak boleh seorang wartawan dalam menjalankan tugasnya memberikan porsi yang lebih besar kepada salah satu calon tertentu.

PWI Banten dalam hal ini dengan tegas menyerukan kepada seluruh anggota untuk netral dan menjalankan tugas jurnalistiknya dengan adil dan berimbang.

Dengan begitu, tidak ada kesan jika wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI memihak kepada salah satu calon.

“Semua calon harus diberikan porsi yang sama dalam pemberitaan. Karena pada hakikatnya pers harus adil dan netral demi kepentingan daerah,”ucap Rian lagi.

Sebagai bentuk keperdulian PWI Banten kepada kelancaran perhelatan Pilkada Banten 2024. Pihaknya kata dia memasang Banner berisikan himbauan agar warga menjaga kondusifitas, ajakan ke TPS pada saat pencoblosan dan lain lain di sejumlah daerah.

“Kita pasang Banner di sejumlah titik. Selain itu juga kita selalu memberitakan kegiatan para paslon dan penyelenggara Pemilu,”tutur Rian lagi. (*/Red)

Comments (0)
Add Comment