Tekan Inflasi, Warga Banten Diajak Giat Tanam Cabai

SERANG – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten memanen bawang merah dan rambutan serta melaksanakan penanaman cabai di Kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Provinsi Banten, Kota Serang, Jumat (19/1/2024).

“Bawang merah dan cabai merupakan komoditas yang harus diperhatikan dalam rangka pengendalian inflasi,” kata Al.

Menurut Al, dalam pengendalian inflasi dirinya memliki prinsip untuk terus menanam. Ia juga mengatakan, pentingnya merawat tanaman dengan baik.

Al menjelaskan, Pemprov Banten memiliki Kawasan Sitandu. Kawasan tersebut merupakan pusat riset, yang memiliki luas 18 hektar.

Pihaknya terus mendorong masyarakat untuk menggiatkan menanam, terutama bawang merah dan cabai yang bisa memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah masing-masing.

“Pada dasarnya kita mempunyai potensi untuk memperkuat ketahanan pangan kita. Makanya kegiatan menanam ini terus kita giatkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Agus Tauhid mengatakan dalam rangka pengedalian inflasi pihaknya sedang menggenjot produksi cabai dan bawang merah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi komoditas tersebut.

Pada tahun 2024 ini, pihaknya sedang mempersiapkan penanaman cabai dan bawang merah masing-masing seluas 50 hektar. 20 hektar pendanaannya bersumber dari APBD dan 30 hektar bersumber dari APBN.

Selain itu, lanjut Agus, pihaknya mendorong penanaman kedua komoditas tersebut secara swadaya oleh masyarakat. Agus optimis masyarakat akan tertarik menanam cabai dan bawang merah karena keuntungannya sangat menjanjikan.

Dalam rangka mendorong peran serta masyarakat, pihaknya pada tahun ini, sedang menggalakan pengadaan 1 juta bibit cabai. Pengadaannya bekerjasama dengan kelompok-kelompok tani di Provinsi Banten.

Agus mengatakan, kegiatan itu juga merupakan upaya tindaklanjut Pemprov Banten dalam upaya mengendalikan laju inflasi. Selain di Kawasan Sitandu, saat ini juga di Kelurahan Sawah Luhur Kota Serang telah panen bawang merah seluas 2,4 Hektar.

“Selanjutnya panen bawang merah di Kecamatan Kramatwatu seluas 11 hektar yang akan mulai panen di tanggal 20 Januari 2024. Panen bawang merah yang tengah berlangsung di Provinsi Banten merupakan langkah nyata Pemerintah Provinsi Banten bersama dengan kabupaten/kota dalam pengendalian inflasi di Provinsi Banten,” terangnya. (*/Faqih)

Al MuktabarInflasiPj Gubernur Bantentanam cabai
Comments (0)
Add Comment