PT KS dan Posco Diminta Subsidi Plat Baja untuk Bahan Baku Produksi UKM di Cilegon

CILEGON – Keberadaan Workshop Home Industri Kecil Bangun Baja Trikora di Link. Pintu Air, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, yang membina kreatifitas pemuda dalam mampu menciptakan lapangan kerja baru ini perlu dukungan pihak Industri utamanya dalam kebutuhan bahan baku.

Workshop Home Industri Kecil yang memakai bahan baku plat baja ini memproduksi pembuatan Gerobak Sampah, Iskup Garoe, Kontainer Office, rumah tinggal, gudang, Cafe, Warung dan sebagainya.

Baca Juga : M Ibrohim Aswadi, Kini Tak Lagi Berpartai

Diakui M Ibrohim Aswadi, selaku pembina Workshop yang bisa dikatakan sebagai UKM (Usaha Kecil Menengah) ini, bahwa kebutuhan utama yang diperlukan adalah plat baja sebagai bahan baku yang selama ini dibelinya ke distributor.

“Ini hasil produksi dari Workshop Bangun Baja Trikora, Gerobak Sampah, Iskup Garoe, Kontainer yang kita sulap menjadi office, warung, cafe, kamar mandi dan sebaginya sesuai pesanan. Kendala ada pada bahan baku plat baja karena selama ini kita beli dari distributor dengan harga yang lumayan mahal,” ujar Ibrohim, kepada awak media, Kamis (24/8/2017).

salah satu hasil produk dari Workshop Bangun Baja Trikora, Gerobak Sampah / dok

Lebih lanjut pihaknya juga pada hari ini mengundang pihak Industri sekitar yakni PT Krakatau Posco dan PTKrakatau Steel untuk melihat langsung kegiatannya, dan diharapkan dapat berkenan membatu kebutuhan bahan baku bersubsidi berupa plat baja sebanyak 70-150 Ton per-bulan.

“Hari ini kita sengaja mengundang pihak Industri Krakatau Posco dan KS untuk melihat kegiatan kita disini, mudah-mudahan mau membatu kebutuhan kita berupa bahan baku bersubsidi berupa plat baja,” terangnya.

Jika mengacu pada Undang-undang No 19 Tahun 2003 Tentang BUMN, ada kewajiban BUMN untuk membantu keberadaan UKM terlebih yang ada di sekitar lokasi pabriknya. Sedangkan UKM Bangun Baja Trikora sendiri keberadaannya berlokasi di wilayah ring 1 kawasan Industri BUMN yang berada di Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan.

Undangan rombongan dari PT Krakatau Posco yang dipimpin oleh Dewi Handayani, sebagai Presiden Direktur PT KPSE di sela-sela tinjauannya di Pintu Air, mengaku akan segera berkoordinasi dengan pihak manajemen untuk bisa membatu UKM yang wajib dibinanya tersebut.

“Ya sudah kita lihat kegiatannya, kita akan sampaikan kepada manajemen terkait kebutuhan yang diperlukan oleh UKM Bangun Baja Trikora ini. Prospeknya bagus ya kita dukung,” ujar Dewi.

rombongan undangan PT Krakatau Posco dipimpin oleh Dewi Handayani, selaku Presiden Direktur PT KPSE / dok

Sementara Syarif Rahman, manajer PKBL PT Krakatau Steel yang juga turut datang meninjau kegiatan di Workshop Bangun Baja Trikora, saat di wawancara awak media mengatakan akan membantu subsidi plat baja yang menjadi bahan baku Industri Kecil tersebut.

“Krakatau Steel melalui PKBL berkepentingan untuk mendukung dan melahirkan Industri Kecil yang riil yang berbasis bahan baku baja di Kota Cilegon. Dan pihak PKBL mensupport secara penuh dengan sistem melakukan pembinaan subsidi bahan baku plat. Krakatau Steel dan Grup siap mendukung,” tegas Syarif. (*)

Bangun Baja TrikoraCSR Krakatau PoscoKrakatau PoscoKrakatau SteelM Ibrohim AswadiPKBLPT KPSE Services Indonesia (KPSE SI)
Comments (0)
Add Comment