Tips Mengatur Pola Makan yang Sehat untuk Penderita Diabetes

FAKTABANTEN – Anda menderita diabetes? Bukan hanya makanan manis saja yang harus dihindari, namun pola makan pun wajib diperhatikan. Diabetes menjadi salah satu penyakit yang cukup mematikan dan berbahaya bagi penderitanya. Pasalnya penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Kadar gula darah hanya bisa dikontrol dengan rutin mengkonsumsi obat, olahraga dan mengatur gaya hidup yang termasuk di dalamnya bagaimana pola konsumsi Anda. Apabila masih merasa sulit untuk mengaturnya, beberapa tips berikut ini akan sangat membantu.

Tips Mengatur Pola Makan Penderita Diabetes

Saat kadar gula darah Anda lebih dari 200 mg/dL artinya tubuh sedang mengalami diabetes. Apabila kadar gula darah ini tidak segera diatasi maka bisa menimbulkan berbagai macam komplikasi. Baik itu gangguan penglihatan, sakit jantung sampai dengan gangguan pada saraf.

Ketika Anda dinyatakan mengalami diabetes, maka mulailah untuk menerapkan batasan konsumsi makanan manis. Awalnya memang sangat sulit namun lama kelamaan Anda pun akan terbiasa. Berikut ini beberapa tips agar konsumsi harian Anda tetap aman.

1. Tetap Harus Makan Besar 3 Kali Sehari

Soal jadwal makan, Anda tetap harus melakukannya sebanyak 3 kali sehari khusus untuk makan besar. Biasanya dokter pun akan menganjurkan hal ini. Selain itu harus ditambah dengan makan makanan kecil sebanyak 2 hingga 3 kali. Anda perlu memberikan jarak makan besar dan kecil ini selama 2,5 hingga 3 jam.

2. Menghindari Makanan Berlemak

Baik itu saat makan besar dan makan kecil atau selingan, Anda harus tetap menghindari konsumsi makanan yang berlemak. Jumlah asupan lemak tidak boleh lebih dari 30%. Contoh makanan yang kandungan lemaknya tinggi seperti daging dengan banyak lemak dan susu full cream. Termasuk juga gorengan yang kaya akan lemak jenuh.

3. Memperbanyak Makan Serat

Layaknya sedang diet, Anda harus memperbanyak konsumsi serat yang didapatkan dari berbagai macam sayuran dan juga buah. Pilihan makanan yang kaya serat antara lain brokoli, alpukat, pir, pisang dan lainnya. Jumlah serat yang dianjurkan adalah 20 sampai dengan 35 gram per hari yang setara dengan semangkuk kecil.

4. Mengurangi Konsumsi Natrium

Natrium yang merupakan mineral penting bagi tubuh manusia perlu juga Anda batasi. Apalagi jika saat ini tubuh juga mengalami hipertensi. Natrium tidak hanya dalam bentuk garam dapur tetapi juga pada camilan kemasan. Anda boleh mengkonsumsinya hanya saja jumlah maksimal adalah 1500 mg per hari.

5. Konsumsi Protein dari Kacang-Kacangan

Dibandingkan daging, Anda lebih baik mendapatkan protein untuk tubuh dari kacang-kacangan. Protein dari bahan makanan ini dibutuhkan sebanyak 10 sampai 35% dari jumlah kalori harian. Kandungan protein yang sebaiknya dihindari adalah dari daging sapi, daging kambing atau produk olahan yang hewani.

Paling penting dari semua tips ini tentu saja Anda harus atur gula harian yang dikonsumsi. Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 5% per harinya atau bisa juga disesuaikan dengan hasil cek gula darah harian yang sudah dilakukan.

Supaya Anda lebih mudah mengaturnya, maka sediakan selalu gula diabetes di rumah. Anda bisa membeli gula jenis ini di Blibli dengan merk dan juga harga yang bervariasi. Tersedia juga kemasan sachet yang mudah dibawa bepergian hingga kaleng untuk stok di rumah.

Anda hanya perlu memilih merknya saja di Blibli dan produk pun akan langsung dikirimkan ke rumah. Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur filter yang sudah disediakan Blibli untuk memudahkan pencarian Anda. Jadi sudahkah Anda penderita diabetes menerapkan pola makan yang benar? Saatnya untuk menata gaya hidup Anda jadi lebih baik. (*/Red) 

DiabetesGula
Comments (0)
Add Comment