BPBD Lebak Berikan Pelatihan untuk Relawan Tim Reaksi Cepat

LEBAK – Untuk dapat mengenal segala perlengkapan di dalam ilmu penyelamatan, Tenaga Relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak diberikan pelatihan serta bimbingan tentang bagaimana cara menggunakan peralatan dan perlengkapan yang dimiliki BPBD.

“Ya ini merupakan sebuah pengenalan terhadap tenaga relawan tim reaksi cepat BPBD Lebak agar mereka dapat mengetahui bagaimana cara menggunakan peralatan yang kita miliki saat ini,” kata Kaprawi, Kepala Harian BPBD Lebak saat ditemui di lokasi Rabu (19/7/2017).

Menurut Kaprawi, dalam pelatihan tersebut, pihaknya bersama tim Basarnas Provinsi Banten mengenalkan secara rinci penggunaan alat menyelam, dan peralatan-peralatan lainnya.

“Karena di wilayah Kabupaten Lebak ini sangat identik dengan perairan maka para tenaga relawan ini kita kenalkan cara penggunaan alat selam, sehingga nantinya mereka dapat mahami dan bisa menggunakannya pada saat melakukan evakuasi pertolongan pada korban tenggelam,” imbuhnya.

Selain mengenalkan sistem penggunaan alat, tambah Kaprawi, dikarnakan Lebak juga sebagai wilayah rawan bencana seperti Gempa Bumi, Tsunami, Banjir dan Longsor, maka teknik dasar penyelamatan pun kita berikan kepada para relawan.

“Intinya itu tadi, agar mereka siap dan tanggap terhadap bencana,” pungkas Kaprawi. (*)

 

BPBD Kabupaten LebakSiaga Bencana
Comments (0)
Add Comment