Keliling Alun-alun Rangkasbitung, HMI Galang Dana Bantu Korban Gempa Lombok

LEBAK – Dari berbagai sumber mengabarkan bahwa pada tanggal 29 Juli 2018 lalu, kurang lebih ada 18 orang korban jiwa dan 40 orang lainnya terluka akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang terjadi pada 55 Km ke arah Timur Laut Mataram dan yang paling parah dirasakan di wilayah Lombok Timur.

Beberapa gempa susulan dirasakan dengan kekuatan antara 4,9 SR hingga 5,5 SR menerjang pesisir Pulau Lombok di Laut Bali, pihak BPBD setempat mengabarkan bahwa banyak bangunan yang mengalami kerusakan dan yang paling parah terjadi di Sambelia, namun tidak ada potensi tsunami dalam peristiwa tersebut.

Menyikapi musibah tersebut, mahasiswa dari HMI Cabang Lebak, Minggu (5/8/2018), berinisiatif untuk mengadakan penggalangan dana sebagai bentuk solidaritas dan kemanusiaan terhadap korban bencana alam tersebut.

Penggalangan dana di Lebak berlangsung di momen Car Free Day di Alun-alun Rangkasbitung. Sedangkan secara nasional dilaksanakan serentak oleh berbagai HMI di daerah-daerah mulai dari dua hari setelah bencana, dan rencananya akan disalurkan oleh tim PB HMI pada Senin (6/8/2018) besok.

“Kita adalah sebagian kecil dari Indonesia dan di wilayah Lombok sana saudara kita ada yang sedang terkena musibah bencana alam berupa gempa bumi, maka dari itu hari ini kami turun ke Alun-alun untuk turut menggugah hati masyarakat Lebak memiliki jiwa kemanusiaan dan menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama,” ujar, Koordinator Lebak, Azis Awaludin, kepada faktabanten.co.id

Azis melanjutkan, aksi kemanusiaan ini juga menunjukkan komitmen kepedulian HMI atas musibah yang terjadi.

“Kami sengaja mengambil hari ini dan bisa dibilang sedikit terlambat dibandingkan para pengurus yang ada di daerah lain, karena kami ingin memanfaatkan moment car free day yang diadakan setiap Minggunya di Alun-alun Rangkasbitung dan selalu ramai oleh masyarakat yang berasal dari berbagai kecamatan tetangga pun turut menghadiri untuk sekedar lari, senam, chek kesehatan, atau sekedar cari sarapan,” terang Azis.

Setelah ke CFD, para mahasiswa pun bergerak ke Pasar Tradisional Rangkasbitung untuk kembali menggelar aksi penggalangan dana.

“Alhamdulillah warga semua sangat respon dan peduli dengan apa yang kami lakukan ini, semoga saja warga Lebak dapat lebih bersatu lagi bukan hanya sekedar dirundung oleh musibah, namun kita mampu membuktikan sebagai warga yang berkesatuan dan peduli terhadap sesama bukan hanya sekdar merajut hubungan dengan Allah, namun dengan sesama manusia pun kita jalin ukhuwah Islamiyah,” tegasnya. (Eza Y,F)

[socialpoll id=”2513964″]

Gempa BumiHimpunan Mahasiswa Islam (HMI)HMI Cabang Lebak
Comments (0)
Add Comment