Pembagian Jamsosratu di Warunggunung Lebak, Ini Kewajiban untuk Si Penerima Bantuan

LEBAK – Sebanyak 536 Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kecamatan Warunggunung, menerima bantuan program Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) dari Pemprov Banten. Bantuan tersebut serentak dibagikan di halaman kantor Desa Padasuka, Kabupaten Lebak, Jumat (24/11/2017).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhanah mengatakan, sesuai dengan sifatnya yang bersyarat, penerima bantuan Jamsosratu harus benar-benar melaksanakan kewajiban sebagai penerima bantuan, seperti wajib menyekolahkan anaknya dan aktif ke Posyandu bagi ibu hamil, menyusui, anak balita ke layanan kesehatan.

Dikatakan juga oleh Nurhanah, apabila penerima melanggar komitmen itu, misalnya mengabaikan layanan kesehatan dan kehadiran anak yang masih sekolah di bawah 85 persen, si penerima akan mendapatkan sanksi berupa pengurangan bantuan.

“Bantuan Jamsosratu tersebut janganlah sampai disalahgunakan, karena bantuan Jamsosratu tersebut untuk kebutuhan sesuai peruntukannya, seperti membeli susu, kebutuhan anak sekolah,” jelasnya.

Anggota DPRD Komisi V Provinsi Banten dari Fraksi PDIP Diana Jayabaya juga mengatakan, program tersebut berhubungan dengan Indeks Pembangunan manusia (IPM), yang fokusnya memutus mata rantai kemiskinan.

“Masyarakat miskin yang punya hak menerima bantuan, yaitu keluarga yang ada ibu hamil, ada anak balita, ada anak usia sekolah SD, SMP dan SMA. Kalau yang ada ibu hamilnya itu didorong agar memeriksakan kehamilannya ke pusat kesehatan terdekat, Posyandu ataupun Puskesmas,” katanya.

Sementara Arip, perwakilan dari Bank BNI Cabang Serang mengatakan, untuk tahun 2017 ini jumlah penerima bantuan yakni sebanyak 536 KSM, dari 12 Desa di Kecamatan Warunggunung.

“Adapun pemberian bantuan tersebut bukan tunai melainkan berupa kartu ATM, adapun jumlah dana bantuan Jamsosratu Rp 2.250.000,” ujarnya.

Salah satu penerima bantuan Jamsosratu asal Desa Warunggunung Siti Aisah mengungkapkan, bantuan ini sangat bermanfaat dan membantu apalagi pembagian bantuan ini pada menjelang akhir tahun.

“Alhamdulillah bantuan ini sangat membantu kami, sehingga saya bisa membelikan peralatan sekolah anak saya,” pungkasnya. (*/Sandi)

JamsosratuKecamatan WarunggunungKeluarga Sangat Miskin (KSM)
Comments (0)
Add Comment