Terkait Penemuan Ribuan KIP di Lapak Rongsokan, Ini Kata Kapolres Lebak

 

LEBAK – Terkait penemuan ribuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di lapak rongsokan yang berlokasi di Desa Narimbang Mulia, Kecamatan Rangkasbitung, pada Kamis, 6 April 2023 kemarin membuat Kapolres Lebak angkat bicara.

Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH mengatakan, dirinya membenarkan kejadian tersebut, setelah dilakukannya pengecekan, dan ditemukan ribuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang berceceran di lapak rongsok tersebut.

“Berdasarkan keterangan pemilik rongsok, bahwa barang tersebut didapatkan dari dua orang tak dikenal yang menjual ribuan kartu KIP kepadanya dengan harga Rp800.000 dengan rincian barang tersebut dibeli per kilogramnya seharga Rp2.000 dan total timbangan ada 400 Kg,” kata AKBP Wiwin, Sabtu (08/04/2023).

Dijelaskanya, dari hasil pemeriksaan ada 699 buah dokumen dan kartu KIP dari program PIP untuk SMK Negeri dan SMK Swasta di wilayah Kabupaten Lebak.

Serta lebih dari 3.000 buah dokumen dan kartu KIP program PIP untuk SMK, SMA, dan MTs di wilayah Kabupaten Pandeglang yang terdapat dalam 18 dus dan 2 karung yang sudah diamankan.

“Saat ini kami masih melakukan penyelidikan terkait identitas pelaku yang menjual berupa dokumen dan ribuan KIP tersebut kepada pemilik lapak rongsok,” jelasnya.

Lanjut Wiwin, dirinya akan memeriksa dan memintai keterangan kepada pihak yang terkait dengan kartu KIP ini.

“Rencananya nanti kita juga akan memintai keterangan ke pihak Bank BNI, Kepala Sekolah, Siswa-Siswi yang tercantum dalam kartu KIP, memeriksa pihak Dinas dan Kementerian terkait,” pungkasnya. (*/Yod/Aji)

KapolresKIPLebak
Comments (0)
Add Comment