WBP Rutan Rangkasbitung Ikut Dalam Pesta Demokrasi Pilkada 2018

LEBAK – Sebanyak 167 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, memberikan hak pilihnya di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lebak tahun 2018 yang dilaksanakan hari ini, Rabu (27/06).

Agus Juansyah, salah seorang petugas tempat pemungutan suara (TPS) Rutan Rangkasbitung mengatakan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang memberikan hak pilihnya sebanyak 167 orang terdiri dari 85 berasal dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 82 orang dari Daftar Pemilih Tambahan.

“Kemarin kendalanya WBP di sini itu DPT yang diumumkan tidak seluruhnya masuk dalam DPT Hanya 85 warga binaan yang masuk di dalam DPT, maka solusinya kami meminta kebijakan kepada KPU agar sisanya sebanyak 82 warga binaan yang tidak ada di DPT tersebut bisa melakukan pencoblosan yaitu dengan cara diberikan Suket atau dengan form model A5 KWK,” ujarnya

Hal ini juga diamini oleh petugas Pemungutan Suara lainnya, Indra Faisal yang juga merupakan staf dibagian pelayanan tahanan Rutan Rangkasbitung.

“Hanya 45 orang WBP di sini yang tidak dapat memberikan hak pilih karena mereka bukan warga Lebak dan 2 orang anak-anak” jelas Indra

Sementara itu, Kepala Rutan Rangkasbitung Aliandra Harahap kepada fakta banten.co.id mengatakan, total warga binaan yang berada di Rutan Rangkasbitung saat ini sebanyak 212 orang, dari jumlah tersebut 177 orang dapat menggunakan hak pilihnya. 163 pemilih Laki-laki dan 4 pemilih Perempuan.

“Sisanya warga luar Lebak dan dua masih kategori anak belum memenuhi syarat untuk memilih,” ungkapnya.

Meski ada tahanan yang baru masuk Rutan kemarin, Aliandra mengaku, pihaknya tetap berupaya agar warga binaannya bisa menyalurkan hak pilih.

“Alhamdulillah sudah bisa ikut pemilihan semuanya, karena memang itu komitmen rutan dengan KPU agar selalu update keluar masuknya tahanan namun tetap bisa menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya.

Aliandra pun menambahkan, Pencoblosan di Rutan Kelas II B Rangkasbitung ini juga dihadiri oleh Kapolres Lebak, Dandim 0603 Lebak, Ketua KPU, Panwaslu dan PPK yang memonitor jalannya peroses pemilihan. Sementara itu, tingkat partisipasi pemilih mencapai 100%, dengan total pemilih di TPS Rutan ini 182, 167 pemilih WBP dan 8 orang pemilh pegawai yang sedang bertugas.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya pilkada dengan aman dan lancar” tutup Aliandra. (*/sandi)

Pilkada Kabupaten LebakPilkada Lebak 2018
Comments (0)
Add Comment