Hardiknas, Alumni UIN SMH Banten Ini Harumkan Nama Daerah di Festival Literasi Nasional 2023

SERANG – Momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Provinsi Banten kembali menjadi sorotan di tingkat Nasional.

Kali ini Aldi Reihan asli putra daerah Banten menjadi juara 1 pada Teacher Literacy Award dalam Festival Literasi Nasional (FLN) 2023 yang berlangsung di Balai Kota Surakarta, Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (4/5/2023).

Melalui FLN 2023, para guru dan siswa dari kalangan SD/ MI, SMP/ MTs dan SMA/ MA/SMK sebanyak 1.700 sekolah se-Indonesia telah menciptakan 105.000 karya.

Ajang bergengsi ini digagas oleh Nyalanesia melalui program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) untuk para pendidik yang berkompetisi melalui inovasi dan strategi bagi para pendidik dalam memajukan literasi di Indonesia.

Aldi Reihan yang rela mengajar di SDN Leomanu, Kecamatan Amfoang Timur, pelosok perbatasan antara Indonesia-Timor Leste ini mengalahkan 25 orang yang masuk kedalam nominasi juara.

Ia mengungkapkan, dirinya merasa terharu dan bahagia saat mendapatkan Juara Pertama pada ajang bergengsi tersebut.

“Merasa terharu dan bahagia, tentu ini saya dedikasikan untuk kedua orang tua saya, teman-teman, para guru, dan siswa di SDN Leomanu,” ungkapnya dalam keterangan tertulis

Dikatakan Aldi, ketika menjadi tenaga pendidik di sekolah pasti akan menemukan permasalahan. Permasalahan tersebut menjadi nutrisi baginya untuk menciptakan suatu inovasi-inovasi baru dalam menyelesaikan masalah.

“Setiap pendidik pasti akan bertemu masalah di sekolah, tapi bagaimana kita sebagai seorang pendidik mampu menyelesaikannya dengan inovasi yang dibuat. Semoga apa yang saya lakukan dapat bermanfaat dan menginspirasi untuk semua” terangnya.

Untuk diketahui, Aldi Reihan merupakan Alumni Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN SMH Banten yang kini menjadi Guru Muda Pijar CT Arsa Foundation di SDN Leomanu, Amfoang Timur, Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam mengikuti Ajang Nasional tersebut, Aldi menggagas tema “Guru Literatif dan Inovatif di Era 4.0” dengan tahap pertama Aldi mengirimkan video kreatif, sedangkan untuk menuju ketahap dua, Aldi mengikuti wawancara online di tanggal 23 Januari 2023 dan mengirimkan esai pada tanggal 25 Januari 2023 di tahap akhir seleksi. (*/Faqih)

BantenFestival LiterasiHardiknasHari Pendidikan NasionalUIN SMH Banten
Comments (0)
Add Comment