JAKARTA – Mulai 2 Maret 2020, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menerapkan kebijakan penjualan tiket ferry di lintasan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk hanya dapat dilakukan secara online. Kini, pengguna jasa akan semakin dimudahkan saat naik kapal ferry, dimana pembelian tiket di 4 (empat) pelabuhan dapat mengakses www.ferizy.com.
Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, ASDP menghadirkan layanan pembelian tiket berbasis elektronik melalui laman www.ferizy.com sebagai bagian dari upaya digitalisasi yang dilakukan perusahaan serta peningkatan layanan kepada pengguna jasa yang memberikan kemudahan dalam membeli tiket.
Sebelumnya, tiket online ASDP dapat diakses melalui tiket.indonesiaferry.co.id, dan kini laman penjualan tiket ASDP berubah menjadi www.ferizy.com dengan tagline Naik Ferry, Easy !
“Melalui layanan penjualan tiket online ini
ASDP ingin terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa,” tutur Ira di sela-sela peluncuran Ferizy bersamaan dengan Rakornis Kementerian Perhubungan, di Jakarta (2/03/2020).
Pengguna jasa yang membeli tiket via Ferizy akan mendapat banyak keuntungan. Pertama, memperoleh kepastian terkait jadwal kapal sehingga pengguna jasa dapat merencanakan waktu keberangkatan dengan lebih efisien dan nyaman karena antrian lebih tertib. Kedua, kapasitas pelabuhan menjadi lebih terkendali karena terdistribusi dengan baik ( Port Capacity Management), dimana terdapat kuota tiap jamnya, sehingga waktu tunggu di pelabuhan menjadi lebih terukur. Dan, ketiga, pencatatan manifest untuk data asuransi yang menjadi hak pengguna jasa semakin akurat.
Dalam layanan E-ticketing , ASDP juga telah menambah channel pembayaran, dimana tidak hanya melalui transfer bank, tetapi juga melalui Finpay serta melalui gerai retail modern seperti Alfamart Group, Yomart Group, PT Pos dan Pegadaian. Adapun fasilitas vending machine yg tersedia di pelabuhan masih dapat digunakan untuk membeli tiket khusus penumpang pejalan kaki.
Saat ini, pengguna jasa dapat lebih mudah dengan mengisi daftar manifest secara online saat membeli tiket via website . “Caranya, pengguna jasa mengisi manifest dan memesan tiket di www.ferizy.com. Lalu, pengguna jasa membayar tiket melalui transfer bank, Link Aja, dan gerai retail modern (mini market). Selanjutnya, pengguna jasa datang ke pelabuhan sesuai dengan jadwal yang telah dibeli. Bagi pengguna jasa dengan kendaraan, tinggal menunjukkan QR code yang didapat saat beli online, di tollgate pelabuhan,” kata Ira menjelaskan.
Dan untuk mendukung peningkatan pelayanan berbasis elektronik, ASDP juga menghadirkan layanan aplikasi Ferizy yang dapat diunduh di Playstore ataupun App Store. (*/Redaksi)