Jelang Ramadhan dan Lebaran 2023, BI Siapkan Uang Tunai Rp195 Triliun

JAKARTA – Memasuki bulan Ramadan dan Lebaran tahun 2023, Bank Indonesia (BI) akan menyediakan uang tunai sebanyak Rp195 triliun untuk melayani penukaran. Demikian disampaikan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada Kamis, (16/3/2023).

“Khusus dalam menyambut Ramadhan dan Idulfitri 1444 H melalui program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2023, termasuk penyediaan uang tunai sebesar Rp195 triliun,” katanya.

Ia mengungkapkan, Bank Indonesia akan memperkuat kebijakan sistem pembayaran dalam menghadapi periode bulan Ramadhan dan Idulfitri 1444 H. Hal tersebut untuk memastikan ketersediaan dan kehandalan sistem pembayaran Bank Indonesia dan sistem pembayaran industry.

“Termasuk memantau kehandalan sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi sistem pembayaran, dan memastikan ketersediaan uang Rupiah dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” terangnya.

Seperti diketahui, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 15-16 Maret 2023 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 5,75%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50%.

Menurutnya, keputusan ini konsisten dengan stance kebijakan moneter yang pre-emptive dan forward looking untuk memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi ke depan.

Bank Indonesia meyakini bahwa BI7DRR sebesar 5,75% memadai untuk mengarahkan inflasi inti tetap berada dalam kisaran 3,0±1% pada semester I 2023 dan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali ke dalam sasaran 3,0±1% pada semester II 2023.

Kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah juga terus diperkuat guna mengendalikan inflasi barang impor (imported inflation) dan memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global terhadap nilai tukar Rupiah. (*/Faqih)

Bank Indonesia (BI)Bank Indonesia perwakilan BantenBulan RamadhanLebaran 2023Penukaran Uang
Comments (0)
Add Comment