Ternyata Begini Tema dan Filosofi Logo Hari Santri Nasional 2024

 

JAKARTA – Kementerian Agama Republik Indonesia telah merilis tema dan logo resmi untuk peringatan Hari Santri Nasional 2024.

Perayaan ini merupakan bentuk penghargaan terhadap peran santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Hari Santri Nasional ditetapkan oleh Pemerintah pertama kali melalui Kepres No.22/2015, keputusan penetapan Hari Santri Nasional tersebut merujuk pada resolusi jihad yang dicetuskan oleh KH. Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 di Surabaya.

Dengan adanya penetapan tersebut kemudian Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober dalam setiap tahun.

Tema Hari Santri Nasional 2024 adalah “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”, yang mencerminkan kelanjutan semangat perjuangan menuju masa depan yang lebih baik.

Adapun beberapa elemen logo beserta filosofinya adalah sebagai berikut:

1. Tulisan “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” Menggambarkan semangat meneruskan perjuangan dengan optimisme dalam mencapai masa depan yang gemilang.

2. Santri Berlari Mengangkat Tangan
Simbol semangat juang dan optimisme yang tidak kenal lelah. Gerakan ini melambangkan dinamika, progres, serta harapan kolektif untuk bangkit bersama.

3. Bentuk Tali yang Melilit
Melambangkan keterhubungan dan kesinambungan antar generasi dalam melanjutkan perjuangan. Tali tersebut juga menyimbolkan persatuan dan ketahanan.

4. Lingkaran Warna Merah
Melambangkan keberanian dan pengorbanan para pahlawan. Warna merah ini menyiratkan semangat perjuangan yang harus terus berputar tanpa henti.

5. Warna Hijau Pine
Hijau melambangkan keharmonisan, pertumbuhan, dan spiritualitas. Warna ini juga mengingatkan pada peran santri dalam menyebarkan nilai-nilai keagamaan dan perdamaian.

6. Warna Emas
Melambangkan kemuliaan, kejayaan, dan kesuksesan, mewakili cita-cita masa depan yang cerah dan dihargai.

7. Warna Merah
Menyimbolkan komitmen santri untuk terus berjuang demi kesejahteraan bersama.

Itulah tema dan filosofi logo hari santri nasional tahun 2024.(*/Nandi)

Comments (0)
Add Comment