Transaksi Sumbangan Kurban Dompet Dhuafa Bisa Lewat Aplikasi DANA

JAKARTA – Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa dengan tagline ‘Satu Kurban Banyak Kebaikan’, dari tahun ke tahun terus berinovasi, termasuk inovasi dalam teknologi.

Dengan perkembangan teknologi yang terus mengalami kemajuan, berkurban kini semakin mudah mulai dari transaksi digital untuk pembelian hewan, bahkan distribusinya hingga pelosok negeri.

“Sampai saat ini, masih banyak masyarakat di pelosok yang belum pernah merasakan daging kurban. Untuk itu, kami menghadirkan layanan berkurban yang terjangkau agar dapat mencapai lebih banyak orang yang membutuhkan. Mari kita berpartisipasi dalam berkurban ini, sehingga kami dapat membawa kebahagiaan dan manfaat daging kurban kepada mereka yang belum memiliki kesempatan untuk merasakannya sebelumnya,” ungkap Mariatul Khibtiah, Ketua THK 1444 H Dompet Dhuafa di acara Talkshow dengan tema Mudahnya Berkurban Di Era Digital, Rabu (24/5/2023).

Adi Kurniawan selaku Senior Officer Digital Fundraising Dompet Dhuafa juga menambahkan, dengan merambahnya di berbagai lini sektor ekonomi seperti kurban dan perkembangan dunia zakat, infak, sedekah maupun wakaf (ZISWAF) diharapkan dapat menambah pesatnya masyarakat untuk bertransaksi.

Layanan yang mudah serta berbagai keuntungan yang ditawarkan dari beragam aplikasi digital, membuat masyarakat terutama kalangan milenial masih menjadikan aplikasi digital saluran kebaikan yang terfavorit.

Sedangkan menurut Haerani Akbar selaku GM IT Transmedia menjelaskan, Aplikasi Qurban menawarkan berbagai layanan seperti memilih hewan, melakukan pembayaran, hingga mengatur distribusi daging.

“Mereka juga memberikan transparansi dalam hal dari mana hewan itu berasal dan bagaimana perlakuannya sebelum dikorbankan,” jelasnya.

Selain keuntungan, penggunaan aplikasi digital juga terdapat tantangan yang harus dihadapi.

“Di balik manfaat aplikasi qurban, ada juga beberapa tantangan yang harus dihadapi. Salah satu masalah utama adalah memastikan bahwa proses penyembelihan dilakukan dengan benar dan sesuai dengan pedoman Islam. Dibutuhkan tingkat kepercayaan yang baik antara pengguna dan penyedia aplikasi. Serta tantangan lainnya dari segi logistik yang terlibat dalam pendistribusian daging qurban,” tambah Haerani.

Sementara, Luqman Ibnu Purnomo selaku VP of Business Operations DANA Indonesia mengatakan, pengembangan kapabilitas baru dalam mini program Dompet Dhuafa di aplikasi DANA, khususnya untuk mengakomodir pembayaran berkurban.

Hal ini diakui ikut merefleksikan komitmen DANA yang senantiasa berinovasi guna memenuhi kebutuhan masyarakat masa kini.

“Pembayaran kurban lewat dompet digital DANA juga disertai dengan pengalaman bertransaksi yang aman, mudah, dan terpercaya. Kehadiran kapabilitas baru ini diharapkan ikut mampu meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap dompet digital, tidak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan harian saja, bahkan untuk kebutuhan menunaikan ibadah maupun menebar kebaikan terhadap sesama,” terang Luqman. (*/Red)

Aplikasi DANADompet DhuafaHewan KurbanQurban
Comments (0)
Add Comment