Bupati Pandeglang Lepas 455 Mahasiswa UNMA Ikut KKN

 

PANDEGLANG – Sebanyak 455 Mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) Banten, dillepas oleh Bupati Pandeglang untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pengaplikasian ilmu yang di dapat sangatlah penting sehingga memberikan manfaat yang besar dari masyarakat.

“Ilmu yang kalian dapat dibangku kuliah untuk dapat diaplikasikan saat KKN, karena sebaiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” kata Bupati Pandeglang pada saat pelepasan peserta KKN UNMA Banten di Gedung Serbaguna (GSG) Kampus UNMA Cikaliung, Rabu (24/7/2024).

Lanjut Bupati Pandeglang mengatakan, mahasiswa turun ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan KKN akan banyak mendapatkan wawasan serta pemahaman tentang dunia kerja yang sesungguhnya.

“Tantangan ke depan di era digital lebih berat, mahasiswa harus dapat menuangkan ide gagasan yang kreatif inovatif membangun bangsa, menuju pandeglang emas, banten emas, dan indonesia emas,” terangnya.

Rektor UNMA Banten H. E. Syibli Syarjaya menyampaikan, selama satu bulan ke depan para mahasiswa akan melakukan pengabdian di masyarakat.

Hal tersebut merupakan sebuah kewajiban yang masuk kedalam Tridharma perguruan tinggi.

“Selama 7 semester mahasiswa bergelut dan berinteraksi dengan pendidikan, sekarang sudah saatnya mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu tersebut di lapangan, jadikan KKN sebagai wahana pengembangan diri,” ujarnya.

Rektor UNMA juga berharap KKN jangan sekedar untuk menggugurkan kewajiban, namun bisa lebih dari itu dapat melakukan interaksi dengan semua komponen di Desa maupun Kecamatan untuk memaping sebuah kendala yang terjadi di lapangan.

“Setelah mapping diskusikan, lalu luncurkan dalam sebuah program yang akan diaplikasikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Nenden Suciati Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNMA Banten mengatakan, mahasiswa yang melaksanakan KKN sebanyak 455 mahasiswa, dari 6 fakultas, dan tersebar di 20 Desa 6 Kecamatan.

“Temanya digitalisasi potensi desa, tema ini sudah tiga tahun kami angkat mendongkrak potensi masyarakat Desa di Pandeglang dan membantu ke era digital, KKN ini selama satu bulan mulai 24 Juli-Agustus,” tutupnya. (*/Riel)

Comments (0)
Add Comment