Dosen dan Mahasiswa Stikes Salsabila Serang Gelar Pencegahan Stunting Pada Remaja Putri di Pandeglang

 

PANDEGLANG – GASING atau Gerakan Anti Stunting merupakan program untuk memberdayakan dan mengedukasi masyarakat melalui pendekatan yang lebih fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga mereka menjadi lebih responsif dan bertanggung jawab dalam upaya pencegahan stunting.

STIKes Salsabila Serang berkolaborasi dengan HISFARKESMAS (Himpunan Seminar Farmasi Kesehatan Masyarakat) menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMK Babunnajah Menes, Pandeglang dan SMK IKPI Labuan, Pandeglang, pada Sabtu, (19/20/2024).

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Pemeriksaan Hb dan Pembagian Tablet Tambah Darah untuk Siswi SMK Sebagai Upaya Remaja Bebas Anemia dan Pencegahan Stunting (Dimulai dari Calon Ibu Sejak Remaja)”.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dihadiri oleh 96 siswi di SMK Babunnajah Pandeglang dan 75 siswi di SMK IKPI Pandeglang.

Pelaksana kegiatan tersebut terdiri dari 2 Dosen Prodi Farmasi, 1 Dosen Prodi Kebidanan, 1 mahasiswa Prodi Farmasi, 1 Mahasiswa Prodi Kebidanan, 2 Apoteker Puskesmas (HISFARKESMAS) dan dari pihak sekolah SMK.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya stunting pada remaja putri sebagai calon ibu.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilaksanakan dengan melakukan penyuluhan terkait Anemia, Stunting dan Penggunaan Tablet Tambah Darah (TTD), pemberian TTD, penggunaan kartu Monitoring minum TTD dan pemeriksaan Kadar Hb pada peserta kegiatan tersebut.

Hasil pemeriksaan kadar Hb dalam darah menunjukkan nilai Hb dalam darah siswi di dua SMK tersebut mayoritas pada rentang nilai normal, namun ada beberapa siswi yang memiliki nilai Hb yang tergolong rendah.

“Walaupun mayoritas kadar Hb siswi di sini (SMK Babunnajah Pandeglang) normal, TTD tetap secara rutin diminum, karena pada kondisi tertentu, terutama pada saat menstruasi, Hb remaja putri berpotensi terjadi penurunan secara drastis, sehingga pemenuhan gizi dan anemia akan selalu terjadi berulang sampai siswi tersebut menikah,” ujar Dr. apt. Yusransyah, M.Sc. Dosen Stikes Salsabila Serang.

Besar harapan terlaksananya kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswi terkait pencegahan, bahaya, dan akibat anemia pada remaja dan risiko stunting, sehingga remaja putri dianjurkan patuh dan rutin minum TTD.

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya pencegahan anemia dan pemenuhan gizi, sehingga dapat membantu salah satu program Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang dalam penanganan stunting, yaitu pemberian obat kepada remaja putri.

Saat ini, Dinas Kesehatan Pandeglang sedang gencar melakukan pencegahan stunting melalui pemberian obat Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri di sekolah-sekolah menengah dan atas sebagai pencegahan anemia dan pemenuhan gizi calon ibu, tak terkecuali di SMK Babunnajah dan SMK IKPI Pandeglang.

“Kegiatan pengabdian ini sejalan dengan program Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang dalam pencegahan anemia dan pemenuhan gizi sebagai upaya penanganan stunting pada remaja putri, saya dari Apoteker Puskesmas Menes selalu mendistribukan TTD kepada siswi melalui pihak sekolah ini (SMK Babunnajah), namun dengan adanya kegiatan ini (Pengabdian kepada Masyatakat) sangat membantu terutama dalam memonitoring minum TTD pada siswi melalui kartu monitoring minum TTD di WAG” ucap apt. Isti salah satu anggota HISFARKESMAS dan Apoteker di Puskesmas Menes, Pandeglang.

“Siswi di dua SMK (SMK Babunnajah Pandeglang dan SMK IKPI Labuan) sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan ini, mereka bersemangat melakukan pemerikasaan kadar Hb dan mendapatkan TTD serta kartu monitoring minum TTD” tutup salah satu dosen STIKes Salsabila Serang, Dr. apt. Sofi Nurmay Stiani, M.Sc. (*/Red)

Comments (0)
Add Comment