Jelang Akhir Tahun, Irna Akan Intens Kunjungi OPD

PANDEGLANG – Jelang Akhir Tahun anggaran 2018, Bupati Pandeglang, Irna Narulita akan lebih sering melakukan kunjungan atau road show ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkungan pemerintah kabupaten Pandeglang.

Hal tersebut dilakukan Bupati Pandeglang untuk memastikan bahwa laporan mengenai program pembangunan dan serapan anggaran yang didapat dari para kepala OPD benar-benar berjalan dengan baik.

Setidaknya ada empat OPD yang sudah Bupati Pandeglang datangi diantaranya adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), Dinas Pertanian, Dinas Komunikasi Informasi Sandi dan Statistik (Diskomsantik) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

“Hasil sejauh ini laporannya bagus, tetapi saya tidak puas kalau hanya mendapat informasi. Saya ingin memastikan dengan mendatangi langsung,” katanya, Kamis (11/10/2018).

Agenda road show Irna ini dipastikan akan terus berlanjut, terutama ke OPD yang mengelola anggaran cukup besar seperti DPUPR dan DPKPP. Dua dinas ini akan menjadi perhatian lebih Irna karena memiliki program pembangunan yang besar dibanding OPD lainnya.

“Selama saya road show sudah berjalan baik. Namun saya masih menaruh perhatian pada DPUPR dan DPKPP yang mengelola anggaran cukup besar dengan program pembangunan yang paling banyak,” imbuhnya.

Oleh karena itu, alokasi pembangunan yang sudah dianggarkan kepada setiap OPD harus dipastikan terserap dengan baik. Mengingat hal itu akan berpengaruh terhadap nilai bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi pada tahun depan.

“Jika sampai batas waktu tidak bisa menyerap, maka APBD harus mengganti. Sedangkan Pemkab tidak memiliki anggaran,” terang Irna.

Adapun dari sejumlah OPD yang sudah dikunjunginya, Irna mengklaim semua program di OPD bersangkutan berjalan baik. Bahkan Dindikbud dinilai mengalami penyerapan anggaran signifikan dibanding tahun lalu.

“Dindikbud bagus, (tahun) kemarin memang mengecewakan Rp6 miliar dari DAK hilang karena percepatannya diakhir tahun. Tahun depan kami harap DAK nya lebih besar,” imbuhnya. (*/Gatot)

Irna NarulitaOPD
Comments (0)
Add Comment