KPU Nyatakan Administrasi Empat Bapaslon Bupati Pandeglang Lengkap

 

PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang menyerahkan berita acara (BA) pengesahan dokumen administrasi hasil penelitian perbaikan persyaratan empat Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang dalam Pilkada serentak 2024.

Dengan diserahkannya BA tersebut KPU menyatakan dokumen administrasi calon atau pencalonan empat Bapaslon dinyatakan lengkap.

Adapun empat Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang yakni Uday Suhada-Pujiyanto, Fitron Nur Ikhsan-Diana Jayabaya, Raden Dewi Setiani-Iing Andri Supriadi, dan Aap Aptadi-Ratu Anita.

Ketua KPU Kabupaten Pandeglang Nunung Nurazizah mengatakan, KPU sudah melakukan verifikasi administrasi dan sudah mengklarifikasi beberapa dokumen perbaikan.

“Kami sudah menuntaskan melakukan vermin dari seluruh dokumen perbaikan yang diajukan. Kemudian secara keseluruhan dokumen sudah dinyatakan lengkap, baik itu dokumen calon maupun pencalonan,” katanya di Aula KPU Kabupaten Pandeglang, Sabtu, (14/9/2024).

Lanjut Nunung menyampaikan, kemudian setelah penyerahan BA pada malam hari ini, mulai dari tanggal 15-18 September 2024, KPU akan publikasikan visi misi beserta juga foto dari Bapaslon.

“Baik melalui website maupun di media komersil. Itu juga setelah publikasi tersebut kami akan menerima masukan atau tanggapan yang tentunya ini kalau memang ada masukan bakal calon kami akan menindaklanjuti tanggal 18-21 September untuk klarifikasi,” ungkapnya.

Selain itu, Nunung menjelaskan, setiap masukan-masukan itu ada ruang untuk klarifikasi ada ruang jawab apakah masukan dan tanggapan dari publik sesuai atau tidak.

“Kalau memang selesai dari tahapan klarifikasi, bakal calon kita akan melaju ke tahap penetapan. Tentunya kami berharap semua bakal calon akan ditetapkan menjadi calon,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Nunung menerangkan, penetapan calon itu juga tergantung akan dua proses lagi. Yaitu tahapan tanggapan dan tahapan klarifikasi yang akan dilalui.

“Tapi ini tidak akan terlalu lama hanya tinggal enam hari lagi. Mudah-mudahan kita akan sampai ke titik penetapan itu dengan baik-baik saja dan tidak ada hal-hal yang terlalu rumit untuk ditanggapi ataupun diklarifikasi keesokan atau dikemudian hari,” pungkasnya.

Menurutnya, dokumen calon dan pencalonan telah diterima sangat begitu rinci.

“Mudah-mudahan dari Bapaslon membuka diri sejujurnya yang ada di Silon. Jadi tidak ada hal yang tertinggal sehingga menimbulkan masukan atau tanggapan lain dari publik,” tandasnya. (*/Riel)

Comments (0)
Add Comment