Pandeglang Terancam Tak Terima Bantuan Rehab Rumah Tak Layak Huni

PANDEGLANG – Kabupaten Pandeglang terancam tidak bisa menerima bantuan rehabilitasi untuk ribuan rumah tidak layak huni yang berasal dari APBN. Pasalnya, hingga kini belum ada jawaban dari kementerian terkait mengenai kepastian bantuan tersebut.

“Ya, belum ada kejelasan sampai sekarang. Kalau misalnya sampai pertengahan tahun ini enggak ada jawaban dari KemenPUPR, berarti ya enggak ada bantuan untuk Pandeglang,” kata Kabid Perumahan pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Pandeglang Nana Mulyana saat ditemui di di ruang kerjanya, Rabu (17/3/2021).

Nana merinci, tahun ini pihaknya sudah mengajukan rehab untuk rumah kumuh sekira 2.000 unit. Namun, usulan tersebut belum mendapatkan kejelasan meski sudah beberapa kali ditanyakan langsung ke kementerian.

“Kalau balasan secara tertulis melalui surat itu belum. Tapi kalau ngobrol-ngobrol mah katanya ada buat Banten, tapi enggak ngomong buat Pandeglang berapa, cuma buat Banten 2.000 katanya. Kalau kira-kira dibagi buat 8 kabupaten/kota, berarti kan jatahnya cuma 250. Tapi itu hanya obrolan doang, kejelasannya belum ada,” paparnya.

Ia juga menjelaskan, tahapan pengajuan untuk rehab rumah kumuh saat ini lebih diprioritaskan lewat aspirasi para anggota DPR RI dari dapil Pandeglang. Dari aspirasi tersebut, pihaknya nanti akan mengecek berdasarkan data by name by adress.

“Sekarang bisa lewat lembaga tinggi negara (DPR RI) yang mengajukan, dan itu yang biasanya difasilitasi sama Komisi V. Sebelum 2017-2018 itu kita yang ngusulin, tapi sekarang yang diprioritaskan aspirasi itu dan saya sudah sampaikan ke bupati terkait hal tersebut,” ucapnya.

Ia pun berharap Pandeglang bisa tetap menerima program bantuan rehab rumah kumuh dari anggaran APBN. Pasalnya, ia menyebut masih ada total 60.000 rumah di Pandeglang yang perlu mendapatkan bantuan untuk program rehabilitasi tersebut.

“Kami berharap seperti tahun kemarin bisa mendapat bantuan untuk RTLH, soalnya Pandeglang selalu mendapat kuota lebih dari usulan. Tahun 2019 itu ada 1.600-an yang dapat bantuan, kemarin 2020 ada 1.100-an yang dapat bantuan,” tandasnya. (*/Detik)

PandeglangRehab RumahTak layak huni
Comments (0)
Add Comment