Demokrat Segera Buka Penjaringan Bakal Calon untuk 4 Pilkada di Banten

SERANG – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat di Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, dipastikan akan segera melakukan penjaringan bakal calon Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Banten Eko Susilo mengungkapkan, penjaringan Pilkada akan dimulai pada bulan Oktober ini.

“Oktober ini kita akan mulai penjaringan di setiap Kabupaten Kota, cuma tanggal belum kita tetapkan,” kata Eko Susilo melalui pesan WhatsApp, Kamis (3/10/2019).

Meski membuka kran demokrasi melalui penjaringan untuk bakal calon dari kalangan eksternal, namun DPD Partai Demokrat mengaku akan lebih memprioritaskan kader-kader internalnya untuk maju pada kontestasi Pilkada mendatang.

Dikatakan Eko, hal itu sesuai dengan prinsip yang sampaikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“DPP pada prinsipnya memprioritaskan kader-kader internal terbaiknya,” ucapnya.

Eko menjelaskan, meski prioritas namun kader internal juga tetap harus mengikuti tahapan penjaringan di Partai Demokrat. Kader Demokrat juga dipersilahkan, jika diundang atau diminta untuk ikut penjaringan oleh partai lain. Termasuk dengan Eko sendiri, yang digadang-gadang akan maju pada Pilkada 2020 di Kabupaten Serang.

Eko menegaskan dirinya sangat siap menyambut pertarungan politik di Pilkada, meskipun menghadapi calon petahana. Setelah ada enam tokoh lokal yang ikut penjaringan melalui DPC Partai PDIP Kabupaten Serang. Termasuk diantaranya incumbent atau petahana.

“Kalo maju di Pilkada, selama memang kita diamanahkan tentu harus siap, karena memang tujuan kita berpolitik diantara output dan outcome nya adalah berkontribusi secara langsung terhadap Pembangunan Daerah, baik berkiprah sebagai legislatif, maupun eksekutif,” terang Eko.

Setelah ditanya sejauh mana komunikasi politik yang sudah ditempuh dan dilakukan, Eko menjawab, bahwa pihaknya belum sama sekali melakukan komunikasi politik dengan partai lain, karena baginya yang utama adalah dukungan dari Partai Demokrat.

“Belum a, kita belum berkomunikasi dengan Parpol lain, karena yang utama adalah dukungan dari partai sendiri dulu,” ujarnya. (*/Qih)

DPD Partai Demokrat BantenEko SusiloPilkada 2020
Comments (0)
Add Comment