Di Tengah Pandemi Covid-19, Poktan Binaan BI Banten Panen Cabai 9,6 Ton

SERANG – Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, Kelompok Tani (Poktan) Setia Kawan binaan Bank Indonesia (BI) Banten memanen cabai hingga 9,6 ton. Hal demikian mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai 8,4 ton per hektare.

Produksi cabai dari petani di Desa Baros, Kabupaten Serang ini mengalami peningkatan hingga 14 persen. Peningkatan produksi cabai tersebut merupakan wujud nyata atas upayanya dalam membangun roda perekonomian daerah.

“Artinya ada peningkatan pasokan setidaknya 14 persen. jadi untuk memenuhi kebutuhan di pasar Baros tinggal 0,6 ton lagi atau kekurangannya sekitar 600 Kg,” ujar kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Banten, Erwin Soeriadimadja dalam keteragan tertulisnya. Kamis (16/04/2020).

Dikatakan Erwin, meski di tengah pandemi Covid-19, para petani terlihat bahagia dan semangat berladang.

Petani Cabai binaan BI Banten menunjukkan hasil panennya /Dok

“Mereka berbahagia dan semangat memetik hasil panen cabai. Dalam aktivitasnya juga mereka tampak memakai masker kain yang diproduksi oleh UMKM Mitra BI Banten, saling menjaga jarak dan konsisten menjalankan pola hidup bersih, dengan rajin mencuci tangan ketika beristirahat,” terangnya.

Diketahui, hasil produksi cabai Poktan Setia Kawan saat situasi ini menjadi kekuatan ekonomi bagi stok ketahanan pangan di Banten, khususnya Kabupaten Serang. (*/JL)

BarosBI BantenPoktan Setia Kawan
Comments (0)
Add Comment