Dindikbud Kota Serang Dukung Usulan Pemberian Honor Guru Silat

SERANG – Adanya usulan dari Komisi II DPRD Kota Serang yang akan mendorong Pemerintah Kota Serang memberikan honorarium kepada guru pencak silat di Kota Serang mendapat respon positif dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang.

Disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan Dindikbud Kota Serang Evi Shofiyah Usman mengatakan, ia mendukung terkait usulan DPRD memberi honor guru silat sebagai bagian dalam mencerdaskan bangsa melalui pengembangan dan pelestarian budaya yang ada di Kota Serang.

“Secara pribadi saya sangat setuju. Semoga anggaran dari APBD mencukupi,” ujar Evi saat dihubungi faktabanten.co.id melalui pesan WhatsApp, Kamis (9/1/2020) sore.

Saat disinggung terkait sudah sejauh mana komunikasi dari DPRD Kota Serang kepada Dindikbud terkait wacana tersebut, Evi menjawab bahwa ia belum berkoordinasi dengan Kadindikbud Kota Serang dan hanya sebatas menyampaikan secara lisan.

“Saya belum komunikasi dengan pimpinan apakah ada yang menghubungi atau belum. Yang saya tahu, ketika menghadiri Milad Terumbu Kota Serang di Festival Silat, ada sambutan dari salah satu pembina yang juga anggota dewan yang mengingingkan hal tersebut (pemberian honor guru silat -red),” ungkapnya.

“Tapi saya sudah sampaikan ke Pak Kadis secara lisan juga ke Pak Wakil Walikota secara lisan, beliau menyambut baik dan sangat antusias,” imbuhnya.

Ia pun berharap, ke depan anggaran yang ada di kelurahan bisa meng-cover pemberian honor kepada guru silat di Kota Serang sehingga akan menjadi motivasi para pelaku seni dan budaya bisa lebih giat untuk mengembangkan kesenian bela diri pencak silat kepada generasi muda Kota Serang.

“Semoga terlaksana, walau bertahap dan disesuaikan dengan kemampuan,” tukasnya.

Ditanya terkait ketersediaan anggaran untuk merealisasikan pemberian honorarium kepada guru silat di Kota Serang, Evi pun menyarankan untuk menanyakan hal tersebut ke Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Serang.

“Kalau tentang anggaran, tanya aja ke DPKAD aja ya, supaya lebih akurat,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Komisi II DPRD Kota Serang, Rizky Kurniawan sempat mengutarakan usulan pemberian honor kepada guru silat di Kota Serang sebagai salah satu upaya mendukung pelestarian kebudayaan di Kota Serang.

“Kita sebagai anggota DPRD wajib mendukung segala bentuk pelestarian kebudayaan, kalau tidak sekarang kedepan bisa hilang. Kita kemarin minta ke OPD terkait untuk memberikan semacam honor kepada guru-guru pencak silat di Kota Serang,” ucap Rizky seusai menghadiri Rapat Koordinasi Revitalisasi Gedung Juang, di Aula Setda Kota Serang, Selasa (7/1/2020) lalu. (*/YS)

Silat
Comments (0)
Add Comment