DPC Demokrat Kabupaten Serang Bentuk Tim Investigasi Soal Anggota Dewan yang Membelot Dukung Ratu Zakiyah

SERANG – Dugaan terjadinya pecah kongsi atau pembelotan di tubuh DPC Partai Demokrat Kabupaten Serang terkait dukungan Pilkada 2024 semakin ramai jadi pembahasan, baik di kalangan internal maupun eksternal partai.

Bahkan DPC Partai Demokrat Kabupaten Serang membentuk Tim Satgas Investigasi untuk melakukan penyelidikan dan pembuktian kasus tersebut.

Diketahui, sebelumnya beredar video seorang anggota DPRD dari Fraksi Demokrat bernama Riky Suhendra menyatakan dukungan untuk calon bupati Serang Ratu Zakiyah. Hal itu tentu berseberangan dengan arah dukungan Partai Demokrat yang mendukung Paslon Andika Hazrumy – Nanang Supriatna.

DPC Partai Demokrat Kabupaten Serang yang dipimpin Plt Ketua Azwar Anas juga telah memanggil langsung Riky Suhendra untuk dimintai klarifikasi, bertempat di Kantor DPC, Rabu (9/10/2024).

Sidang klarifikasi tersebut dipimpin Plt Ketua DPC Azwar Anas dan dihadiri sejumlah pengurus lainnya.

Dalam keterangan yang diterima wartawan, Jahari ditunjuk sebagai Ketua Tim Satgas Investigasi, dan bertugas untuk menggali informasi serta data untuk pembuktian kasus dugaan pembelotan anggota dewan tersebut.

“Saya diberi tenggat waktu satu minggu kurang lebih, yang bekerja untuk membuktikan bahwa apa yang jadi viral itu benar atau tidak adanya,” ungkap Jahari, Kamis (10/10/2024).

Menurut Jahari, hasil dari kerja Tim Satgas Investigasi ini akan disusun dalam laporan resmi yang akan disampaikan kepada DPD Partai Demokrat Provinsi Banten.

“Tugas kita menyusun laporan itu dalam rangka menyampaikan kepada DPD, selebihnya nanti DPD dan DPP yang akan memberikan penilaian,” jelas Jahari.

Jahari berkomitmen, pihaknya akan bekerja secara professional dan proporsional sesuai tugas dan fungsi yang diberikan.

“Hal itu kita lakukan dalam rangka menertibkan kader pengurus di setiap tingkatan, baik DPC, PAC, Ranting tingkat desa, hingga RT dan RW, kita harus solid bahwa partai mendukung untuk menenangkan pasangan calon Andika – Nanang di Pilkada Kabupaten Serang,” tegasnya.

Diketahui, calon bupati Serang Ratu Rachmatu Zakiyah mendapatkan dukungan dari para pesilat TTKKDH DPD Kabupaten Serang yang diketuai Riky Suhendra yang juga dewan dari Fraksi Demokrat.

Video bukti kegiatan dukungan bersama Kesti TTKKDH itu juga sempat diposting oleh Ratu Zakiyah melalui akun instagram pribadinya.

“Deklarasi Dukungan TTKKDH: Tjimande Tari Kolot Kebon Jeruk Hilir. Alhamdulillah haturnuhun atas dukungan ini, mari bersama kita menangkan Ratu Zakiyah-Najib untuk Kabupaten Serang yang bahagia,” tulis akun @raturachmatuzakiyah, Senin, 7 Oktober 2024.

Dalam video pertemuan tersebut, Riky Suhendra yang merupakan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Serang juga memberikan sambutan dan menilai bahwa Ratu Zakiyah merupakan calon pemimpin yang ideal untuk Kabupaten Serang.

“Dan saya juga yakin, di kala ibu haji dilantik atau Bu Ratu tidak akan pernah yang namanya main proyek apa dan sebagainya. Karena kalau beliau mau cari itu buat apa? Toh sudah cukup semuanya itu loh,” ungkap Riky.

Namun postingan video di Instagram Ratu Zakiyah tersebut nampaknya kini sudah dihapus.

Sementara itu, Riky Suhendra juga sudah memberikan klarifikasi terkait video dan pemberitaan yang beredar, soal dukungan dirinya kepada calon bupati Serang Ratu Zakiyah.

Menurut Riky, video viral yang beredar adalah video lama sebelum Partai Demokrat memutuskan mengusung Paslon Andika-Nanang.

Diakuinya, bahwa ada dua kegiatan yang terdokumentasikan dan digabungkan pada video yang beredar, yaitu video lama dan video baru. Riky mengakui bahwa pada video lama dirinya hadir dalam kegiatan bersama calon bupati Ratu Zakiyah tersebut.

“Dalam video lama saya hadir
sebelum Partai Demokrat Kabupaten Serang memberikan rekomendasi ke salah satu calon bupati. Waktu itu saya hadir di undangan Pak Yandri,” ujar Riky, Rabu (9/10/2024).

Riky juga mempersilahkan kepada seluruh Anggota Kesti TTKKDH memberikan dukungan kepada siapa pun.

“Video deklarasikan yang baru saya tidak ada, karena anggota TTKKDH hadir sendiri memberikan dukungan. Jadi video viral tersebut digabungkan, seolah-olah utuh,” jelasnya.

Politikus asal Kecamatan Anyar ini menegaskan, bahwa sebagai kader Partai Demokrat dia tetap fatsun dan tegak lurus kepada perintah partai.

“Saya fatsun dan tegak lurus terhadap Partai Demokrat untuk mendukung calon Bupati Andika Hazrumy – Nanang,” tegas Riky. (*/Rijal)

Andika HazrumyAzwar AnasCalon Bupati SerangDPC Demokrat Kabupaten SerangDPC Partai DemokratPilkada Kabupaten Serangratu zakiyah
Comments (0)
Add Comment