Ingin Bebaskan Banten dari TBC, Gubernur Terbitkan Instruksi 

SERANG – Dalam upaya membebaskan dari tuberculosis yakni penyakit infeksi yang disebabkan oleh mycrobacterium tuberculosis, Gubernur Banten Wahidin Halim menerbitkan Instruksi Gubernur (INGUB) tentang Gerakan Banten Eliminasi TBC.

Gerakan berupa temukan, obati sampai sembuh bersama. Gerakan ini merupakan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terhadap peningkatan kesehatan masyarakat khususnya dalam pengendalian tuberculosis yang saat ini masih menjadi perhatian pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten M Yusuf saat membuka kegiatan Penguatan Koordinasi Banten TOSS TBC di Aula Dinkes Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang pada Selasa (19/3/2019).

Yusuf menjelaskan, penyakit TBC masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-3 dengan kasus terbanyak di dunia setelah India dan China.

Di Provinsi Banten, berdasarkan data yang terlaporkan melalui website SITT (sistem informasi tuberkulosis terpadu) dan penyisiran kasus di rumah sakit berjumlah 38.127 kasus atau sekitar 98% dari target penemuan, dengan angka keberhasilan pengobatan (sr) kasus TBC tahun 2017 sebesar 90%.

Terkait hal tersebut, sebagai bentuk komitmen Pemprov Banten terhadap peningkatan kesehatan masyarakat khususnya dalam pengendalian tuberculosis, Gubernur Banten pada 13 Mei 2018 lalu telah mencanangkan Gerakan Banten Eliminasi Tuberkulosis melalui Temukan Obati Sampai Sembuh Bersama.

“Gerakan ini meliputi pencarian terduga penderita TBC secara pasif, aktif, intensif dan masif oleh seluruh OPD dan komponen masyarakat Banten, diperiksa laboratorium dan klinis, diobati dan dipantau sampai sembuh. Disusul dengan terbitnya instruksi gubernur (Ingub) tentang gerakan Banten eliminasi TBC,” terang Yusuf.

Dinas Kesehatan, lanjutnya, telah berperan aktif dalam penanggulangan penyakit ini baik dari upaya promotif, preventif bahkan kuratif atau pengobatan.

“Salah satu yang cukup penting adalah keterlibatan semua stakeholder untuk dapat berperan aktif dalam pengendalian TBC sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Dan diharapkan dengan pertemuan koordinasi ini kita dapat meningkatkan komitmen kita dan bersama-sama melakukan akselerasi eliminasi tuberkulosis di Provinsi Banten,” ujarnya. (*/Red)

[socialpoll id=”2521136″]

Dinas Kesehatan BantenGubernur BantenPencegahan TB (Tuberculosis)
Comments (0)
Add Comment