KKN Tematik Universitas Al-Khairiyah; Bawa Perubahan Positif untuk Desa Pulau Panjang

 

SERANG – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilaksanakan oleh Universitas Al-Khairiyah (UNIVAL) menunjukkan komitmen perguruan tinggi tersebut dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya Desa Pulo Panjang, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, Banten.

KKN Tematik diintegrasikan dalam PTM2D (Perguruan Tinggi Mandiri Membangun Desa) LLDIKTI IV TYPE 1, melibatkan sejumlah kampus dari Jawa Barat dan Banten.

Diketahui, melalui KKN Tematik itu, mahasiswa UNIVAL terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk merasakan dan memahami realitas kehidupan masyarakat Desa Pulo Panjang.

Proses ini juga tidak hanya membantu mahasiswa memahami permasalahan yang dihadapi masyarakat, tetapi juga mengidentifikasi sumber daya yang dapat dikembangkan serta merangkum aspirasi dan harapan warga.

Muhamad Fulaisum Firdaus, dosen pembimbing lapangan dari UNIVAL, menyatakan harapannya terhadap keberlanjutan kegiatan ini.

“Harapan saya semoga kegiatan ini bisa terus berkesinambungan, dan apa yang saat ini dilaksanakan oleh mahasiswa menjadi motivasi untuk adik tingkatnya nanti, karena melalui program ini mahasiswa melakukan hampir seluruh kegiatan tri darma perguruan tinggi serta memiliki kepedulian terhadap lingkungannya,” ujar Fulaisum Firdaus saat diwawancarai pada Selasa (5/12/2023).

Selain memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat, KKN Tematik juga menciptakan sinergi antara mahasiswa dan masyarakat. Terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, serta saling asah, asih, dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat.

Sementara itu Ketua kelompok Desa Pulau Panjang, Taufiqurrohman Anjab Dani Pratama, mahasiswa UNIVAL, menyampaikan, bahwa kegiatan KKN Tematik ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkontribusi secara nyata dalam memajukan desa.

“Melalui proses tersebut, kami bukan hanya mendapatkan pengalaman berharga, tapi juga memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi perkembangan desa,” ucap Taufiq menambahkan. (*/Hery)

Comments (0)
Add Comment